Review Novel Burlian-Tere Liye

Novel ini menceritakan bagaimana masa kecil Burlian. Cerita ini dimulai dengan cerita Mamak tentang hari kelahiran Burlian si anak spesial. Diceritakan bahwa seminggu sebelum Burlian lahir ada kejadian menakutkankan yang terjadi. Kejadian itu berhubungan dengan kuburan belakang rumah mereka yang angker.

Diberi julukan “Anak Istimewa oleh kedua orang tuanya”. Bandel dan kadang susah diatur. Suatu hari dia mengajak kakaknya yang bernama Pukat untuk bolos sekolah dan mencari belalang. Kejadian itu diketahui oleh Mamak sehingga beliau marah. Maka Burlian dan Pukat dihukum mencari kayu bakar naik turun gunug denan hanya berbekal nasi putih tanpa lauk. Hukuman itu membuat kedua anak itu tidak berani lagi membolos.

IMG_20171023_153611
Judul : Burlian
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Harga : 55.000

Ketika Burlian dan Pukat nekad bermain ke sungai larangan bersama Can. Mereka berniat untuk memburu ikan. Tanpa sengaja kaki Burlian terperosok sehingga kesarang buaya. Padahal disana terdapat buaya yang sangat dekat jaraknya dengan Burlian dan siap menerkam. Kak Pukat berteriak minta tolong, untung  Bapak dan Bakwo Dar datang secara tiba-tiba. Dengan senapan angin, Bapak menembak buaya tersebut. Mereka sedikit terkejut karena selama ini mereka tidak tahu Bapak dapat menggunakan senapan angin.

Sama dengan cerita Pukat dan Amelia, kisah Novel ini disisipkan tentang kasih sayang Mamak kepada Burlian tapi dengan ide yang sangat berbeda, dimana selain bersekolah, Burlian mengaji di tempat Nek Kiba. Bila telah khatam, Mamak berjanji akan membelikannya sepeda. Tetapi sampi hari H tiba, sepeda baru belum dibeli. Burlian membenci Mamak, Burklian menyangka Mamak tidak menepati janji. Padahal uang Mamak dipakai Ayuk Eli mendaftar sekolah di kota dan membantu pengobatan anaknya Wak Lihan yang sedang sakit keras. Tetapi Burlian belum mau mengerti.

Bapak dengan sabar menasehati Burlian, menceritakan tentang masa kecil Burlian dulu. Mamak telah berkorban besar untuknya,melindungi Burlian dari ribuan lebah. Memeluk Burlian erat-erat sehingga tak seekor lebah pun menyerangnya. Mamak lah yang disengat ribuan lebah sampai Mamak sakit berbulan-bulan.

Itu hanya sebagian kecil cerita menarik dalam novel ini, kiat akan mengharu biru ketika menceritakan tentang si keriting Ahmad, si Maradona dari desa Paduraksa, begitu juga perkenalan Burlian dengan Nakamura yang akhirnya membawanya untuk terus surat menyurat dengan Keiko, si Putri Nakamura.

Dan yang paling penting adalah bagaimana pengarang kemudian menghubungkan kecerdasan nenek moyang terdahulu untuk melindungi harta karun dalam yang tersembunyi di sumberdaya alam mereka, yang akhirnya pelan-pelan harus punah dengan modernisasi.

Alur cerita novel ini sangat mudah difahami dengan bahasa yang ringan dan menyenangkan. Pengarang dapat membawa kita seakan kita mengenal Burlian dan ikut terbawa setiap suasana, baik seang, haru, sedih dan sebagainya.Hal-hal sederhana dalam cerita novel ini mempunyai nilai tersendiri yang dapat dijadikan pelajaran. Mengajarkan tentang kesederhanaan,kejujuran, keikhlasan, kasih sayang dan kerja keras dalam hidup.

Kecerdikan pengarang dalam menggambarkan setiap adegan petualangan Burlian sang anak kaki gunung yang hidup di sebuah keluarga yang sederhana sehingga pembaca seakan terbawa dalam cerita tersebut. Bagaiman polosnya masa kecil yang mengalir seperti air. Bertindak tanpa perencanaan yang malah menumbuhkan rasa ragu. Tidak takut berpetualang karena rasa ingin tahu yang teramat besar.

Iklan

Review Novel Pukat-Tere Liye

Setelah membahas anak bungsu Amelia (reviewnya bisa dibaca disini) , saya pengen membahas anak kedua Ini adalah anak yang paling pintar dalam keturunan Bapak Syahdan dan Mamak Nung, kecerdasannya mengelabuhi para perampok kereta yang tidak sadar dipasang jebakan agar ketahuan polisi pun membuka cerita dalam buku ini. Dia adalah Pukat, si Jenius, Si Penemu, Si Profesor dan semua yang berbau kepintaran melekat padanya.

Lahir sebagai anak kedua dan tumbuh dengan memiliki ide yang banyak, membuat pukat sangat disegani oleh teman-temannya, bahkan ada juga temannya  sampai iri dengan kecerdasan dan pujian yang dihampirkan tetapi Pukat adalah Pukat, kecerdasan yang ada pada dirinya tidak membuatnya besar kepala, bahkan itu semua digunakannya untuk membantu sesama.

pukatJudul : Pukat
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Halaman : 343
Harga : 55.000

Akan tetapi Laki-laki tetap saja laki-laki, selain pintar yang menjadi anugerahnya, kenakalan pun lahir bersamaan mengikuti akan tetapi layaknya semua anak Mamak mereka nakal hanya untuk urusan bandel dari semua tugas yang diberikan orang tua layaknya anak yang masih mementingkan dunia anak-anak dibandingkan apa yang dipikirkan oleh orang dewasa.

Seperti cerita Amelia, Pukat pun lahir dengan ceritanya sendiri, berpasangan dengan si bengal Burlian yang menjadi pasangan kompaknya melakukan kenakalan, bagaimana mindset mereka tentang pendidikan orang tua sampai kehidupan masyarakat yang ada di sekeliling mereka. Cerita tentang menjadi detektif, membantu Ibu Ahmad yang kewalahan mengurus warung karena Nayla sakit, sampai dengan membantu gurunya Pak Bin dalam mengajar kelas lain pun mewarnai hari-harinya selain bermain bersama teman sebayanya.

Dalam buku ini ada yang paling sangat menyentuh, di Bab 14 dalam judul Seberapa cinta mamak membuat saya menitikan air mata mengingat ibu sendiri, bahkan sampai langsung menelpon Beliau menanyakan kabar dan mendengar suaranya, cinta Mamak memang tidak pernah terbatas.

Cerita berjualan duku pun memberikan dampak yang besar dalam arus berpikir kita bagaimana mengartikan menjual dalam budaya masyarakat agraris dan pedesaan, juga tentang cara bercocok tanam dalam budaya masyarakat mereka semua membentuk Pukat menjadi pribadi yang lebih baik, tapi inti cerita yang menjadi benang merah yang ada dalam buku ini itu ada di Harta karun terbesar di dunia. Dari awal sampai akhir didengungkan dan kemudian kesimpulannya begitu menggambarkan keseluruhan buku.

Baca deh, dengan pola yang sama dalam serial anak mamak ini membuat kita membaca arti lain dalam setiap jengkal kehidupan.

Buku ini saya berikan nilai 8.5 untuk semua jenis filosofi hidup dan tingkah yang mengundang gelak tawanya.

Review Novel Amalia-Tere Liye

Hai-hai…

Lama nih gak nulis, maklum penyakit blogger ya gitu kalau belum ketemu mood nulisnya bisa berbulan-bulan gak jadi sebuah tulisan yang hitungannya hanya beberapa ratus kata aja #inijanganditirukarenamemangbukanbloggerfemes# akhirnya pada ada kesempatan pengen bahas serial anak mamaknya Tere Liye yang baru dibaca dalam sebulanan ini.

Sedikit tentang serial ini keseluruhan adalah tentang sudut pandang masing-masing anak dalam memaknai pendidikan Bapak dan Mamaknya, termasuk pengalaman berharga mereka dalam kampus hidup kampungnya tentang teman, sanak saudara dan warga sekampungnya, semuanya tentang itu, dan yang pertama kita mulai bahas sinopsis si Anak Bungsu. AMELIA.

Selamat membaca karya ini, dan selamat datang di Serial Anak Mamak

******

Amelia adalah nama yang dipakai Bapak dan Mamaknya ketika dia melakukan sebuah kesalahan, melakukan pembicaraan serius, selebihnya dia dipanggil Amel walaupun hati kecilnya ingin dipanggil sebagai ELI, panggilan kakak perempuan tertuanya, ELIANA. Lahir sebagai bungsu membuatnya kerap disebut anak manja oleh kedua kakak usilnya PUKAT dan BURLIAN, mendapat perlakuan khusus ketika melakukan kesalahan akan tetapi saban hari ditekan sebuah kenyataan budaya masyarakat anak bungsu sebagai “penunggu rumah”.

Oleh ayahnya dia dianggap sebagai anak yang paling kuat, tegar dalam semua kondisi yang membuat kagum bapak dan mamaknya, tidak itu saja bahkan Paman Unus adik satu-satunya mamak memanggil dengan hal yang sama. Itulah bekal dari lahir pemberian orang tuanya.

175206_b66f2672-06e5-11e5-8336-43c249bc7260Judul : Amelia
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Halaman : 391
Harga : 55.000

Dibuku ini Tere Liye dengan jelas menggambarkan perjuangan sebagai seorang anak bungsu tidaklah selalu mudah, bahkan untuk mencapai tujuannya yang diselingi kecemburuan kakaknya yang ingin diperlakukan sama, Tere Liye menunjukan bahwa anak bungsu bisa melakukan banyak hal dengan kemampuan yang dimilikinya.

Bagaimana Amelia belajar menjadi kakaknya ELI yang dianggapnya sangat cerewet mengatur semua kehidupannya, memarahi bahkan sampai menjewer telinganya dan akhirnya ketika mencoba membalas perlakuan kakaknya dengan sembunyi-sembunyi dan ketahuan maka itulah hukumanya, Amel jadi belajar bahwa menjadi anak sulung tidak semudah yang dilihatnya. Tidak itu saja, ternyata pendidikan model Bapak dan Mamaknya ampuh sekaligus dalam mendamaikan mereka, harus diakui dalam banyak hal buku novel Tere liye untuk serial ini cocok untuk dijadikan sebagai literatur orang tua bagaimana mendidik anak mereka.

Yang paling menakjubkan adalah bagaimana riset Tere Liye tentang tumbuhan yang akhirnya mengaitkan karet, mangga sampai mencangkok hingga akhirnya menimbulkan ide yang brilian dikepala Amelia, sampai dengan ide tentang kultur jaringan melalui daun pun baru tergambar dikepala saya. Perpaduan ceritanya begitu terasa mulai dari tengah sampai ke akhir, tapi harus diakui ceritanya dengan ending seperti itu bukanlah favorite saya.

Tidak hanya tentang hal yang serius, cerita yang lucu tentang Burlian dan Pukat tentang serba-serbi sunat pun menjadi satu kelucuan tersendiri, belum lagi candaan cerdas antara Pendi dan Juha yang dimunculkan oleh penulis tidak bisa dianggap enteng, kalau bisa berstand up comedy sepertinya Tere Liye bisa dengan bahan-bahan seperti itu.

Saya memberi nilai 8.0 untuk novel ini, very recomended untuk semua orang yang merasa menjadi anak bungsu atau orang tua yang ingin mengetahui cara mendidik anak yang terlahir paling buncit termasuk dengan semua kemanjaan dan rengekan yang hadir. saya yakin pasti akan menjadi bahan pembelajaran yang baik.

 

Memilih Sepatu Wanita Terbaru Style Musim Dingin, untuk Traveling

Negara-Negara yang mempunyai 4 musim seperti Jepang, Korea, dan Negara lain di bagian Eropa memiliki banyak destinasi yang sangat eksotis terutama pada musim gugur dan musim dingin. Sehingga ketika datang musim ini sangat mempesona keindahan yang ditawakan.

Sebelum Anda berangkat untuk menikmati salju di musim dingin, khususnya para wanita, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terutama menyangkut peralatan yang akan dipakai, sepertisepatu, busana dan lainnya yang cocok dengan jinis e yang cocok dan lainnya.

Mungkin Anda masih bingung memilih style sepatu wanita terbaru yang cocok dipakai di musim dingin tersebut.  Nah, jika itu masalahnya, maka simak tipsnya berikut ini..

Tips Memilih Sepatu Wanita Terbaru untuk Traveling

  1. Sesuaikan Bentuk Kaki

sesuaikan bentuk kaki
Ini merupakan poin penting/utama yang harus Anda pertimbangkan pertama kali, apakah bentuk kaki Anda cocok dengan sepatu wanita model selutut, sebetis, tinggi, atau malah cocok dengan sepatu wanita pendek. Apapun itu, jangan sampai memilih sepatu boots yang tidak sesuai dengan betuk kaki Anda. Untuk Anda yang proporsi petite, sebaiknya hindari sepatu yang modelnya tinggi. Idealnya pakail angkle boots agar tinggi sepatu Anda.


2. Kualitas Merek

kualitas merk
Memang tak salah jika anda membeli sepatu wanita terbaru dengan memilih yang harganya terjangkau atau murah. Namun ini bukan berarti tidak mempedulikan kwalitasnya. Karena dengan sepatu wanita yang berkualitas premium, maka akan menjamin kenyamanan Anda selama traveling di musim dingin.

3. Kualitas Bahan

sesuaikan bahan sepatu
Untuk bahan, pilihlah sepatu boots berbahan kulit yang bisa lebih fleksibel untuk menyesuakan bentuk kaki Anda dan tentunya sepatu yang terbuat dari kulit, akan lebih lama. Hindarilah penggunaan boots yang berbahan material plastik dan pleathers, mengapa begitu? Karena bahan ini bisa membuat kaki Anda cepat lecet ketika boots tidak sesuai dengan bentuk kaki. Untuk itu pastikan anda mencoba langsung saat membeli, agar tiidak menjadi korban penipuan.

4. Kualitas Lapisan Dalam

kualitas bahan dalam
Seringkali kali para wanita tertipu dengan sepatu yang dibelinya. Mengapa begitu? Karena kebanyakan meraka hanya memilih tampilan luarnya saja tanpa memperhatikan lapisan bagian dalam.

Style bagian luar memang harus bagus, tapi lapisan dalam lebih utama. Karena nyaman dan tidaknya Anda selama memakai sepatu boots tergantung pada lapisan dalam ini. Pastikan lapisan dalam tersebut tidak berlipat, keriput, robek, atau bahkan ada benang-benang lepas yang dapat mengganggu kaki Anda.

5.Bagian Alas

bagian alasPerhatikan alas sepatu wanita terbaru Anda, usahakan bagian alas tersebut agak bergerigi. Agar selama traveling tidak ada kejadian terpelesat akibat jalanan atau salju yang licin.

Hal lain yang harus Anda perhatikan sebelum traveling di musim dingin adalah imunitas tubuh, pastikan imunitas tubuh Anda tidak sedang lemah. jika Anda sedang tidak kuat dengan musim dingin sebaiknya jangan lakukan traveling, dikhawatirkan akan mengalami mimisan, gatal-gatal di kulit, biduran, dan lain sebagainya. Dan pastikan juga Anda sudah beristirahat yang cukup sebelum traveling.

Untuk para traveller wanita, sangat penting untuk melakukan perawatan kulit selama musim dingin tersebut, buatlah kulit tetap lembab, agar tidak kering dan terjadi dehidrasi.

Nah, di atas sudah kami bagikan 6 tips memilih sepatu boots untuk traveling di musim dingin, semoga dapat membantu Anda menemukan sepatu wanita terbaru yang cocok dan trendy untuk dijadikan koleksi dirumah.

Asyiknya Robusta Cafe di Bangkalan

Dalam perjalanan kembali ke Malang, setelah melewati perjalanan 5 hari di Kota Sampang dengan menikmati sajian makanan kaldu khas Sampang seperti yang dibahas disini dan juga setelah mengalami musibah yang tidak terduga seperti yang telah diceritakan disini, kami memutuskan untuk mampir di Bangkalan, selain ingin bertemu dengan teman-teman yang ada di kota ini juga ingin menghilangkan penat sejenak dengan minum kopi.

Sebenarnya kami mampir juga di Bebek Songkem Pak Salim untuk makan besar dulu karena minum kopi dengan perut kosong bisa mengakibatkan hal yang gak diinginkan, tapi karena baterai handphone habis dipakai dalam perjalanan dari Sampang ke Bangkalan kami tidak sempat mengambil dokumentasinya, tapi yang jelas bebeknya itu sangat enak dengan rendah kolesterol serta semua bagian tubuh bebek enak untuk dimakan, serius !!! kamu akan dengan enak menjadikan tulang bebek menjadi krispi jenis baru, lain kali kalau kesana lagi bakal mampir buat dibahas deh.

Tempat ngopi yang kami tuju ini sebenarnya tidak terlalu paham juga bakal kayak gimana tempatnya, tapi karena hanya butuh tempat melepas lelah sejenak kami memilih karena namanya bagus, sesuai dengan nama warung kopi original yang sering kami minum kalau di Malang yang jumlahnya beraratan.

Ternyata.. memang bagus, bahkan untuk daerah Bangkalan yang maghrib saja sudah sangat sepi ada tempat hits kayak gini adalah sebuah mukjizat loh.

IMG_20170706_181639_optimized

Tempatnya sangat instagramable, dengan penataan serta pemilihan furiniture yang sangat tepat, deretan jenis kopi juga tersaji dengan apik lengkap dengan toples-toples kopi yang sering dipakai sebagai wadah kopi setelah diroasting.

IMG_20170706_181436_optimized

Sebenarnya ada lantai 2 nya, tapi karena badan yang sangat lelah, kami malas untuk beranjak mengambil dokumentasi tempat yang diatas, kami sampai langsung legrek dikursi masing-masing, memesan dan langsung menghela nafas banyak sambil menikmati keindahan yang ada disekeliling tempat itu, pilihan om google yang pas menurut kami.

IMG_20170706_181701_HDR_optimized

Yang menarik, owner Robusta Cafe ini seperti sangat paham dengan ornamen yang harus ada dalam sebuah warung kopi klasik sehingga pilihan warna serta gambar-gambar yang ada di dinding cafe itu terasa sangat elegan, layaknya tempat minum kopi yang mahal tapi kalau dari segi harga sangat terjangkau kok, bahkan harganya hampir mirip dengan warung kopi yang sering kami singgahi kalau di Malang.

IMG_20170706_182538_HDR_optimized

Untuk menuju tempat ini, saya gak paham juga kalau menjelaskannya dengan detil, nanti alamatnya saya taruh di bagian akhir dan bisa dicari dengan google, tapi kalau kamu dari Suramadu, jalan lurus saja ke arah Bangkalan, lurus terus kearah Balaikota. taunya itu saja wes, google aja ya. piss..

Tapi walaupun bagus, sebenarnya tempat ini juga masih ada kelemahan, alat press kopinya tidak banyak, biasanya ditempat kopi dimanapun aja, kalau memesan kopi dengan jenis alat pressnya otomatis dikasih dengan alatnya, seperti pada saat itu kami memesan kopi dengan French Press tapi yang diberikan hanya langsung kopinya, kami tanya alatnya dimana katanya langsung dipress kan ditempat, padahal salah satu kenikmatan ngopi adalah akrab dengan alat-alat kopi seperti itu, mungkin perlu diperbanyak kedepannya.

IMG_20170706_214326_HDR_optimized
Sempatkan berfoto sebelum kembali ke Malang

Robusta Cafe Bangkalan
Jl. HOS. Cokroaminoto No 38B, Demangan,
Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur 69115
Jam Buka 11.00-15.00 – 15.00-00.00
Harga : 11.000-45.000

Kalau ke Sampang wajib mampir ke Kaldu Al-Ghazali

Sampang, daerah penghasil garam terbesar di Indonesia. terletak di tengah antara Bangkalan dan Pamekasan yang bisa dibilang merupakan daerah yang ada di Pulau Madura paling kecil, iya gak sih?

Jadi ceritanya sebelum ada kejadian seperti yang diceritakan di sini, saya dan teman-teman berkeliling Kab. Sampang dari utara sampai selatan bahkan sampai nyasar juga di Tanjung Bumi, daerah paling utara Bangkalan. Maklum dengan hanya mengandalkan GPS dan nanya-nanya orang sekitar tentang objek penelitian yang kami cari.

Selama berada disana kami menginap di Camplong, salah satu daerah terujung selatan Sampang, kata teman yang asli daerah sana dari tempat kami menginap sampai Pamekasan itu cuma 20 menit, cukup dekat yang membuat orang Camplong kadang kalau belanja lebih suka ke Pamekasan yang memang bisa dibilang kotanya lebih besar daripada Sampang.

Untuk makanan memang tidak banyak yang istimewa dari kota ini, kami praktis hanya makan di 3 tempat dalam 5 hari perjalanan, bahkan Restoran Pantai  Camplong itu tempat makan kami selama 4 hari dan satu tempat makan bernama Nikmat serta satu lagi Kaldu Al Ghazali.

Untuk Restoran Pantai Camplong tidak ada yang istimewa disini, makanannya pun hampir sama dengan tempat makan yang lain tapi untuk daerah sana itu termasuk tempat yang hits apalagi dengan bonus pantai Camplong yang kadang katanya seru dipakai pacaran malam oleh pemuda setempat.

Ini Sedikit Gambar yang diambil menu yang ada disana. IMG_20170703_190453_HDR_optimized

IMG_20170703_195457_HDR_optimized

IMG_20170703_195551_HDR_optimized

Menunya termasuk biasa kan? makanya yang pengen saya bahas sebenarnya adalah salah satu tempat makan yang ada di Sampang dan termasuk hits, kalau orang yang melewati jalur selatan ke arah Pamekasan dan Sumenep begitu juga sebaliknya selalu mampir tempat ini karena berada dijalur utama, pada awalnya juga kami gak ngeh sampai satu teman yang asli Pamekasan melihat postingan IG kami dan menyuruh mampir ke tempat yang bernama Kaldu Al Ghazali.

IMG-20170704-WA0025

Awalnya kami gak paham dengan apa yang disebut Kaldu itu, kami mengira itu hanyalah sebuah makanan berkuah dengan kaldu ayam atau sapi yang istimewa sampai makanan itu sampai di Meja.

19665281_10209950568825796_7605623035775257551_n
Maaf fotonya tidak begitu jelas, frame rate kameranya jelek. :p

Ternyata yang dimaksud Kaldu itu adalah Tulang Sapi yang gedenya masya allah, orang didaerah lain mungkin ada yang jual ini tapi lebih erat dengan sebutan Sum-sum entah dicampur dengan bakso menjadi bakso sum-sum atau dengan kreasi makanan yang lain, sejak pertama saya lihat sudah langsung yakin bahwa makanan itu tidak akan sanggup dihabiskan, ini pernah serupa saya alami ketika makan sum-sum tulang kerbau di Medan, tapi saat itu lagi kurus banget jadi gak khawatir, tapi dengan berat badan sudah miring ke kanan membuat saya berpikir ulang makan ini banyak-banyak, tapi tidak begitu dengan kedua teman saya, mereka dengan lahap menghabiskan satu porsi itu sampai tandas.

IMG-20170704-WA0026
Satu porsi 😀

Rasanya memang enak, keseluruhan daging terasa sangat lembut di gigit dengan aroma kuah yang menggoda dan seluruh daging yang menempel ditulang semuanya bisa diambil dengan sendok, tanpa perlu disediakan pisau kecil seperti yang pernah saya makan di Lombok. Entah butuh berapa lama mereka mengolah tulang sapi dengan daging yang masih banyak dan gajih berwarna putih menjadi selembut itu.

Depot Kaldu Al Ghazali tidak hanya menyediakan kaldu saja, mereka juga menyediakan soto iga, lalapan, nasi rawon dan nasi rames tapi menu yang ada itu banyak kami temukan didaerah lain makanya kaldunya menjadi istimewa.

Harga kaldu termasuk cukup murah, hanya dengan merogoh kocek 45.000 satu porsi kita dapat merasakan kenikmatan yang pasti jarang kamu dapatkan di daerah lain ada juga katanya yang spesial dengan harga 65.000,- tapi tidak kami pesan.

Untuk kamu yang kalau ada kesempatan ke arah Sampang, Pamekasan atau Sumenep wajib singah ditempat ini, karena Depot Al Ghazali berada di daerah jalan utama jalur selatan pulau Madura.

Depot Al Ghazali 
Daerah Tanglok
Jl. Diponegoro 34A Sampang,
Harga 45.000-65.000

N.B : maaf fotonya diambil tidak terlalu bagus, karena kamera hpnya jadul 😀

Cara mengatur waktu untuk ibu rumah tangga sambil berbisnis online

Berbisnis online sambil mengurus kesibukan rumah tangga & mengurus anak adalah hal yang wajar pada masa sekarang. Namun tidak jarang juga ada beberapa ibu rumah tangga yang akhirnya harus berhenti bisnisnya dikarenakan anak terlantar ataupun pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai, atau ada juga yang jalan bisnisnya tapi anak tidak terawat. Idealnya seorang ibu bisa melakukan keduanya dengan managemen waktu. Apa itu managemen waktu ? Yaitu mengatur waktu dalam sehari semalam sehingga bisa menghasilkan produktivitas yang maksimal.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang sambil berbisnis :

Buatlah daftar kegiatan harian berdasarkan jam & berapa lama waktu dilakukan untuk hari esok.

Hal ini untuk mempermudah anda untuk mengetahui apa-apa yang harus dikerjakan sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma.

Mulailah pekerjaan di pagi hari dengan memulai kegiatan domestik.

Semisal, mencuci baju, memasak, membersihkan rumah. Jika ada dua hal sekaligus yang bisa dikerjakan, lakukan pekerjaan dua sekaligus. Semisal mencuci baju memakai mesin cuci dan mencuci piring.

Simpanlah hp anda selagi mengerjakan pekerjaan rumah tangga & jangan tergoda untuk membukanya.

Ketika membuka hp, kita akan tergoda untuk membalas pesan, mengomentari facebook teman, membuka instagram, whatsapp, telegram dan lain-lain dan itu menyita waktu. Padahal pagi hari adalah jam- jam sibuk untuk mempersiapkan keperluan suami ketika berangkat ke kantor, keperluan si kecil, keperluan kakak yang sedang berangkat sekolah dll.

Tulis aktivitas bisnis anda secara terperinci dan buat target pencapaian.

Semisal, sehari harus upload jualan 10 gambar di facebook, 20 gambar di instagram, membalas pesan di messanger, whatsapp dan telegram / line. Jangan hanya membuat target berdasarkn waktu. Sebab bisa saja Target 2 jam online. 10 menit untuk mengerjakan bisnis. Sisanya untuk membaca gosip.

Ketika mengerjakan bisnis harus fokus.

Lain halnya dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang bisa multitasking. Dalam mengerjakan bisnis, kita perlu fokus. Ketika anda fokus untuk upload di instagram dan mencari calon customer baru , fokuslah ke Instagram. Jangan sambil baca status pengguna facebook lain. Ketika anda membalas pesan di whatsapp, balaslah pesan-pesan customer anda terlebih dahulu baru anda bisa fokus ke hal lain agar tidak terjadi salah kirim, pengembangan bisnis akan lebih masimal dan pekerjaan akan cepat selesai sehingga dapat mengerjakan hal lainnya.

Demikian tips kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk para ibu rumah tangga yang sedang berjuang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah lewat bisnis online ya bunda.

Lusia Widyani

Konsultan bisnis & nutrisi kesehatan-kecantikan S3 Indonesia |WA 085230139924, line lusia_widyani.

Review Novel Hujan- Tere Liye

IMG_20170803_220350

Judul: Hujan
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia
Tebal: 315 halaman
Harga : 80.000,-

Semua kisah penting Lail hampir dibarengi dengan hujan turun setelahnya, saat malapetaka terjadi yang mengharuskannya kehilangan kedua orang tuanya pun hujan turun dengan deras, tapi kesedihan itu akan hujan terhapus dengan kehadiran Esok, kisah mereka berdua sejak kecil sampai dewasa pun diwarnai dengan hujan turun. Tapi Lail ingin melupakan hujan, melupakan semua kenangan yang terjadi saat hujan. Esok, orang tuanya dan peristiwa yang terjadi di bumi sebagai penyebabnya.

Dalam banyak karya Tere Liye kalau pembaca setianya mengikuti alurnya, tokoh utamanya dilahirkan hampir semua dengan modal kesedihan yang paripurna, bangkit dari segala keterpurukan dan kemudian lahir sebagai manusia baru tapi kemudian masalah lain menggelayuti kehidupan mereka, yang berhubungan dengan masa lalunya setidaknya itulah yang terlihat ketika kita membaca Negeri pada bedebah atau Rembulan tenggelam diwajahmu.

Ramuan Novel Hujan tapi sedikit berbeda dengan kebanyakan novel Tere Liye, dengan balutan teknologi tinggi dimasa depan dan harus sedikit mengkhayal serta memahfumkan bahwa apa yang dikatakan dalam novel ini memang bakal ada dalam beberapa tahun mendatang. Baik berupa teknologi ataupun bencana yang menjadi titik sentral cerita novel ini.

Dengan pola maju mundur yang luar biasa, cerita dalam buku ini mengalir dengan baik yang nantinya akan membentuk alasan seorang Lail melupakan hujan dalam kehidupannya, tak banyak yang berubah dalam model penceritaan novelis satu ini, walaupun begitu dalam rating 1-5 buku ini layak diberi nilai 4, kegamblangan dan konflik yang diatur sedemikian rupa membuat pembaca dari kalangan manapun mampun membacanya bahkan terhanyut dalam aliran cerita yang dibangunnya.

Jangan lupa membaca buku ini, karena hujan buku ini akan membuktika 99% kenangan yang hadir itu.

5 Kesalahan Networkmarketer Pemula

Yang dimaksud networkmarketer pemula adalah mereka yang disini menjadi member bisnis jaringan / networkmarketing kemudian memutuskan untuk menjalankan bisnisnya. Banyak orang memulai bisnis jaringan dengan semangat yang menggebu – gebu karena mereka menganggap bisnis ini sangat mudah dijalankan dan cepat kaya.  Anggapan bisnis ini sangat mudah dijalankan sangatlah benar karena setiap orang bisa menjalankannya baik mahasiswa, karyawan, ataupun ibu rumah tangga, akan tetapi tanpa memperhatikan 5 kesalahan yang dilakukukan dalam bisnis ini, maka kemungkinan semangat akan meredup dan akan berhenti di bisnis jaringan.

Bertindak tanpa ada training terlebih dahulu dari upline

Training / pembelajaran / pemberian materi dari upline adalah bekal dalam menjalankan bisnis networkmarketing.  Ibarat berpergian, training adalah petanya.  Anda tinggal mempelajari training tersebut dan menduplikasikan di bisnis anda secara konsisten dan disiplin. Anda harus tahu system, product klowledgenya, cara merekrut, cara mensponsori, cara membangun jaringan.

Banyak pebisnis networkmarketer pemula yang mengawali bisnisnya  hanya dengan semangat namun tanpa ilmu sehingga banyak penolakan keras yang didapatkannya yang akhirnya hal tersebut menimbulkan keraguan sehingga berfikir “ mungkin bisnis ini tidak cocok untukku”

Menjalankan bisnis networkmarketing tanpa adanya impian

Di dalam bisnis networkmarketing impian sangat penting karena itu adalah bahan bakar semangat, yang akan selalu memberi semangat saat bisnis sedang stuck, atau menghadapi banyak penolakan. Membuat impian dengan jelas tentang apa yang diinginkan, misalkan jenis mobil apa yang anda inginkan, harga berapa, warna apa, tipe berapa, akan lebih memacu semangat ketimbang memiliki impian,, yaa pokoknya punya uang yang banyak tanpa ada hitungan banyaknya itu berapa.

Menganggap bisnis networkmarketing adalah bisnis tanpa kerja

Banyak orang yang melihat upline mereka bisa mendapatkan puluhan juta bahkan ratusan juta dalam beberapa bulan dan beberapa tahun tanpa ada keluhan apapun dari upline dalam bisnis ini, maka mereka menganggap bisnis ini bisa dijalankan dengan ala adarnya. Yang perlu diketahui dari bisnis ini, ini adalah bisnis yang mana seperti bisnis lainnya, jika ingin hasil yang besar, maka harus dikerjakan secara serius, disiplin, dan konsisten walaupun tidak full time (dikerjakan 8 jam setiap hari seperti jam kantor). Setidaknya dalam sehari, kita harus konsisten untuk sharing peluang bisnis ke 3-5 orang setiap harinya. Pengulangan dalam presentasi ini membuat anda master di bisnis jaringan anda dalam 2-3 tahun kedepan.

Penilaian kepada diri sendiri : Saya tidak mampu meyakinkan orang lain

Yang perlu diketahui dalam menjalankan bisnis perdagangan apapun, maka akan ada yang menerima dan menolak.  Penolakan jumlahnya lebih besar daripada penerimaan. Banyak distributor baru yang saat memulai presentasi ke 5-10 orang  kemudian mereka mengalami penolakan, mereka merasa bisnis networkmarketing tidak cocok untuk mereka karena tidak mampu meyakinkan orang lain.

Perlu diketahui, bisnis ini adalah bisnis permainan angka, yang penting pesentasi ke banyak orang. Maka kita akan bertemu dengan orang – orang yang  tepat yang membutuhkan bisnisnya, produknya, ataupun keduanya.  Dengan presentasi ke banyak orang, maka kualitas presentasipun akan meningkat.

Memprospek ke setiap orang tanpa menjalin hubungan dengan baik terlebih dahulu.

Pernahkah anda mendapatkan messangger,, contohnya di facebook dari orang yang tanpa anda kenal ?

“hai mbak,, join xxx yukk”

Ini keuntungan gabungnya blablabla ..

Saya fikir kebanyakan dari anda akan melewatkan messanger tersebut tanpa membaca atau membaca tanpa membalasnya. Karena kita tidak tau dia siapa, dll.

Begitu juga dalam menjalankan bisnis networkmarketing yang sedang anda jalankan. Membangun hubungan baik terlebih dahulu, berkenalan terlebih dahulu jika belum kenal, menanyakan pekerjaan mereka, kota tempat tinggal mereka, jika telah berteman bisa menanyakan apa pekerjaan mereka sekarang, berapa jumlah anaknya, berapa umur  anaknya dan lain-lain.

Tidak focus pada satu bisnis jaringan.

Di bisnis jaringan membutuhkan kefokusan. Jika dalam satu waktu bergabung di perusahaan A, B, C dan menjalankan tiga bisnis sekaligus, maka bisa dipastikan tidak ada yang sukses sampai puncak. Semua bisnis pasti butuh proses, fokuslah pada satu bisnis jaringan anda dan impian anda untuk mencapai puncak.

Hal – hal diatas adalah 6 kesalahan fatal networkmarketer pemula. Semoga anda bisa menghindarinya agar anda bisa menjalankan bisnis ini hingga puncak. Bisnis ini adalah bisnis yang real yang bisa meningkatkan taraf hidup orang banyak. Rasakan manfaat produknya , jalankan sistemnya dengan focus, konsisten, disipin untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan.

Lusia Widyani

Konsultan bisnis & nutrisi kesehatan-kecantikan S3 Indonesia |WA 085230139924, line lusia_widyani.

Review Novel Ayah-Andrea Hirata dan kumpulan nama anehnya

IMG_20170803_220337

Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tebal: 396 halaman
Harga : 74.000

Sabari hadir dengan rasa cinta yang besar kepada Marlena, pertemuannya yang tidak sengaja saat kertas ujiannya direbut secara paksa membuat dia jatuh hati, itulah yang membuat Sabari berubah 180 derajat dari yang pesimis tentang cinta menjadi seorang melankolis mengharapkan cinta hanya dari satu perempuan saja. Pun kemudian dalam kemudian hari ternyata sebuah kecelakaan Marlena akhirnya membawa keberuntungan Sabari yang bisa menikahi gadis pujaannya. Hingga kelahiran Zorro merubah rasa cinta itu, rasa cinta seorang ayah yang tidak lekang ditelan masa.

Menjadi ciri khas seorang Andrea Hirata hadir dengan buku yang mempunyai kumpulan istilah nama yang kosong menjadi sebuah tokoh hidup, tidak saja dari Sabar yang merupakan gabungan nama sifat yang diberi akhiran i, senasib pula dengan  saudaranya yang diberi nama Berkah dengan akhiran i. entah bagaimana ide itu bisa tertuang dengan baik serta menimbulkan daya tarik cerita luar biasa.

Bagaimana juga Andrea merubah nama Mustamat Kalimat dengan nama panggilan Tamat, atau Maulanan Hasan Maghribi tiba-tiba datang dengan panggilan Ukun. atau bagaimana cerita Radio akhirnya menghubungkannya dengan nama Markoni yang aslinya tak terhubung sekalipun.

Belum terperdaya dengan istilah nama Andrea yang bukan main cerdasnya? bukalah di halaman 289, bagaimana gabungan nama-nama aneh mampu dikreasikan menjadi sebuah jalinan cerita yang membentu jalannya cerita, mulai dari nama Dinot, Mak Nga Hanum, delapan anak dari Zainap sampai Harap, Mak long Ngamot ? ada nama didunia yang seaneh bikinan Andrea Hirata ini?

Dalam rating 1-5, buku ini berada ditengah-tengah dengan nilai 3. tidak sempurna memang jika dibandingkan dengan karya penulis yang karyanya sudah ditranslate dalam banyak bahasa ini, harapan mungkin terlalu tinggi ketika membacanya, tapi sebagai sebuah buku yang utuh tidak akan menyesal kita membacanya.

Dan bagi pembaca buku ini jika tidak teliti dalam membaca halaman awal buku ini pasti akan terkecoh dan minimal bingung pada akhir cerita novel ini.

Selamat membaca ya.