Tips Memilih Buku yang akan dibeli

Pernah gak kamu merasakan ketika berada di sebuah toko buku, melihat buku bagus covernya maupun sinopsisnya tapi ketika sampai dirumah buku itu zonk, gak bagus dan merasa rugi karena mengeluarkan uang untuk membeli buku yang jelek, baca artikel ini supaya kamu gak merasakan hal yang sama lagi. Serius !!

Memilih buku yang bagus atau tidak memang perkara yang menarik dan membutuhkan pengalaman panjang dalam membeli buku.

Pelajari Track Record Penulis Buku

karir_menulis

Ini yang sering saya lakukan ketika membeli buku, banyak penulis yang membuat buku rata-rata bagus, bahkan bisa dibilang tidak ada yang jelek, hal ini akan memudahkan kamu ketika melihat buku penulis A ada di toko buku dan buku sebelumnya penulis rata-rata bukunya bagus, maka jangan ragu untuk membeli karena bisa dipastikan buku tersebut juga bagus setidaknya peluang 80%.

Mencari Reviewnya di Internet

Masih-Pentingkah-Review-Buku

Saat ini dengan bantuan google search kita hampir bisa mendapatkan semua informasi yang kita inginkan, termasuk dengan review buku sudah banyak berseliweran dihalaman google, kamu bisa membacanya lebih dulu kemudian bisa menyimpulkan sendiri buku tersebut bagus atau nggak, mungkin ada yang bertanya kan ini sama dengan membaca sinopsis buku yang ada di belakang buku? Saya pastikan untuk zaman now hal itu susah dipastikan karena terkadang sinopsis hanya mencuplik beberapa paragraf entah ada dihalaman berapa buku tersebut. So, lebih aman membaca reviewnya.

Buat kamu yang merasa takut membaca review seperti spoiler dan sudah tahu akan seperti apa, jangan khawatir karena membaca review adalah membaca sudut pandang, hanya beberapa blogger saja yang membuat review seperti mencopy paste sebuah buku dan bisa dipastikan dia bukan blogger yang baik dan akan jarang muncul dihalaman pertama pencarian.

Membaca bukunya

2017-04-21-1149327229200000-tujuan

Mungkin ada yang aneh, kan bukunya belum dibeli kok sudah disuruh baca aja. Kalau kamu berkomentar kayak gitu bisa dipastikan kamu jarang ke toko buku. Dalam toko buku sering sekali banyak pembeli yang jahil dan kadang membuka penutup plastik buku tanpa membeli (kalau ketahuan disuruh membeli) dan oleh penjaga tokonya buku tersebut bukan dipindahkan tapi kadang diselipkan dibagian belakang tumpukan buku, maka kamu harus mencari sampai sudut dalam untuk menemukan buku yang sudah dibuka tersebut, membaca sejenak dan putuskan membeli atau tidak.

Melihat posisinya di Toko Buku

Manfaat Sering Membaca Buku Untuk Kesehatan

Kalau dipehatikan ketika masuk dalam toko buku, banyak rak-rak dan tumpukan buku yang diatur sedemikian rupa, bahkan di salah satu toko buku di Malang tempat langganan saya, ketika menjejakan pertama kali turun dari eskalator di kanan ada tumpukan buku yang rata-rata baru keluar, best seller atau dari penulis ternama dan kalau sudah ada disitu jangan ragu buku tersebut pasti kebanyakan bagus, atau biasanya di tengah-tengah ada tumpukan buku dengan embel-embel yang sudah dinamai, kamu tinggal mengklasifikasinya lagi sesuai dengan keinginan kamu.

Tapi 4 tips ini bukan pakem yang murni, karena membaca buku serta akhirnya menilai buku itu bagus atau tidak tergantung mindset kita masing-masing sebagai pembaca, bahkan ada sebuah buku yang saya beli 5 bulan kemarin membacanya saja malas, dalam 10 halaman pertama tidak memancing saya untuk membaca lebih lanjut, tapi di watpadd buku itu sudah dibaca lebih dari 10 juta kali, ini membuktikan mindset saya dalam menilai buku memang berbeda dengan orang lain.

Makanya sekali lagi, itu adalah penilaian kamu. Selamat membaca.

Iklan


Kategori:book

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: