Cara mengatur waktu untuk ibu rumah tangga sambil berbisnis online

Berbisnis online sambil mengurus kesibukan rumah tangga & mengurus anak adalah hal yang wajar pada masa sekarang. Namun tidak jarang juga ada beberapa ibu rumah tangga yang akhirnya harus berhenti bisnisnya dikarenakan anak terlantar ataupun pekerjaan rumah tangga yang terbengkalai, atau ada juga yang jalan bisnisnya tapi anak tidak terawat. Idealnya seorang ibu bisa melakukan keduanya dengan managemen waktu. Apa itu managemen waktu ? Yaitu mengatur waktu dalam sehari semalam sehingga bisa menghasilkan produktivitas yang maksimal.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang sambil berbisnis :

Buatlah daftar kegiatan harian berdasarkan jam & berapa lama waktu dilakukan untuk hari esok.

Hal ini untuk mempermudah anda untuk mengetahui apa-apa yang harus dikerjakan sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma.

Mulailah pekerjaan di pagi hari dengan memulai kegiatan domestik.

Semisal, mencuci baju, memasak, membersihkan rumah. Jika ada dua hal sekaligus yang bisa dikerjakan, lakukan pekerjaan dua sekaligus. Semisal mencuci baju memakai mesin cuci dan mencuci piring.

Simpanlah hp anda selagi mengerjakan pekerjaan rumah tangga & jangan tergoda untuk membukanya.

Ketika membuka hp, kita akan tergoda untuk membalas pesan, mengomentari facebook teman, membuka instagram, whatsapp, telegram dan lain-lain dan itu menyita waktu. Padahal pagi hari adalah jam- jam sibuk untuk mempersiapkan keperluan suami ketika berangkat ke kantor, keperluan si kecil, keperluan kakak yang sedang berangkat sekolah dll.

Tulis aktivitas bisnis anda secara terperinci dan buat target pencapaian.

Semisal, sehari harus upload jualan 10 gambar di facebook, 20 gambar di instagram, membalas pesan di messanger, whatsapp dan telegram / line. Jangan hanya membuat target berdasarkn waktu. Sebab bisa saja Target 2 jam online. 10 menit untuk mengerjakan bisnis. Sisanya untuk membaca gosip.

Ketika mengerjakan bisnis harus fokus.

Lain halnya dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang bisa multitasking. Dalam mengerjakan bisnis, kita perlu fokus. Ketika anda fokus untuk upload di instagram dan mencari calon customer baru , fokuslah ke Instagram. Jangan sambil baca status pengguna facebook lain. Ketika anda membalas pesan di whatsapp, balaslah pesan-pesan customer anda terlebih dahulu baru anda bisa fokus ke hal lain agar tidak terjadi salah kirim, pengembangan bisnis akan lebih masimal dan pekerjaan akan cepat selesai sehingga dapat mengerjakan hal lainnya.

Demikian tips kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk para ibu rumah tangga yang sedang berjuang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah lewat bisnis online ya bunda.

Lusia Widyani

Konsultan bisnis & nutrisi kesehatan-kecantikan S3 Indonesia |WA 085230139924, line lusia_widyani.

Iklan


Kategori:review

Tag:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: