Review Novel Ayah-Andrea Hirata dan kumpulan nama anehnya

IMG_20170803_220337

Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tebal: 396 halaman
Harga : 74.000

Sabari hadir dengan rasa cinta yang besar kepada Marlena, pertemuannya yang tidak sengaja saat kertas ujiannya direbut secara paksa membuat dia jatuh hati, itulah yang membuat Sabari berubah 180 derajat dari yang pesimis tentang cinta menjadi seorang melankolis mengharapkan cinta hanya dari satu perempuan saja. Pun kemudian dalam kemudian hari ternyata sebuah kecelakaan Marlena akhirnya membawa keberuntungan Sabari yang bisa menikahi gadis pujaannya. Hingga kelahiran Zorro merubah rasa cinta itu, rasa cinta seorang ayah yang tidak lekang ditelan masa.

Menjadi ciri khas seorang Andrea Hirata hadir dengan buku yang mempunyai kumpulan istilah nama yang kosong menjadi sebuah tokoh hidup, tidak saja dari Sabar yang merupakan gabungan nama sifat yang diberi akhiran i, senasib pula dengan  saudaranya yang diberi nama Berkah dengan akhiran i. entah bagaimana ide itu bisa tertuang dengan baik serta menimbulkan daya tarik cerita luar biasa.

Bagaimana juga Andrea merubah nama Mustamat Kalimat dengan nama panggilan Tamat, atau Maulanan Hasan Maghribi tiba-tiba datang dengan panggilan Ukun. atau bagaimana cerita Radio akhirnya menghubungkannya dengan nama Markoni yang aslinya tak terhubung sekalipun.

Belum terperdaya dengan istilah nama Andrea yang bukan main cerdasnya? bukalah di halaman 289, bagaimana gabungan nama-nama aneh mampu dikreasikan menjadi sebuah jalinan cerita yang membentu jalannya cerita, mulai dari nama Dinot, Mak Nga Hanum, delapan anak dari Zainap sampai Harap, Mak long Ngamot ? ada nama didunia yang seaneh bikinan Andrea Hirata ini?

Dalam rating 1-5, buku ini berada ditengah-tengah dengan nilai 3. tidak sempurna memang jika dibandingkan dengan karya penulis yang karyanya sudah ditranslate dalam banyak bahasa ini, harapan mungkin terlalu tinggi ketika membacanya, tapi sebagai sebuah buku yang utuh tidak akan menyesal kita membacanya.

Dan bagi pembaca buku ini jika tidak teliti dalam membaca halaman awal buku ini pasti akan terkecoh dan minimal bingung pada akhir cerita novel ini.

Selamat membaca ya.

Iklan


Kategori:book

Tag:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: