Philauri-Cerita roman yang tak membosankankan #Reviewfilm

Kanaan seorang India yang pulang setelah menyelesaikan pendidikannya di Amerika, pulang dengan rencana menikahi gadis pujaannya sejak SMA, Anu. Akan tetapi karena masih percaya pada mitos horoskop sesuai budaya India, Kanan diharuskan menikahi sebuah pohon terlebih dahulu sebelum menikahi Anu untuk menghindari hal buruk yang bakal menimpanya setelah pernikahan sesuai ramalan.

Walaupun tidak terima akan tetapi karena keluarga besarnya memaksa dan hanya untuk mengikuti adat meraka, akhirnya Kanaan menerima syarat tersebut dan melakukan ritual menikahi sebuah pohon. Kejadian unik pun mulai menimpanya ketika malam, seorang hantu datang dan mengaku bahwa dia adalah penunggu pohon yang telah dinikahinya.

Kedatangan hantu, ketidaksiapannya menerima pernikahan di usia muda ternyata mulai mempengaruhi rencana pernikahan Kanan dengan Anu, mulai ada kecurigaan diantara mereka bahwa Kanan tidak ingin menikah. Akan tetapi Kanan pun mulai terjebak dengan cerita masa lalu Sashi, si Hantu pohon yang baru saja dinikahinya dan hanya dia yang mampu melihat wujudnya. Cerita panjang keduanya akhirnya membuka tabir bahwa pohon yang baru dinikahi Kanan adalah tempat Sashi menggantung dirinya ketika calon suaminya Philauri tidak datang di hari yang mereka tentukan.

Cerita ini memang klise sih, ada hantunya yang tidak mengganggu manusia dan terkesan mempunyai urusan yang masih belum selesai sehingga masih gentayangan. Sama dengan mitos di negara kita kalau orang bunuh diri pasti arwahnya gentayangan. Tapi harus diakui ramuan ceritanya tidaklah seremeh dengan film hantu yang dibuat sineas negeri kita, mereka dengan apik membuat semuanya menjadi masuk akal bahkan sangat romantis dengan konflik yang sangat tidak biasa.

Film Philauri hadir dengan alur maju mundur dengan menggabungkan perjalanan kisah pernikahan Kanan dan Anu serta cerita cinta masa remaja Sashi dan Philauri, dan kesemuanya menggabungkan dua motif keterbelakangan berdasarkan budaya, dimana Kanan dengan budaya pernikahan yang ingin modern tapi keluarganya sangat oldschool serta Sashi yang ketika hidup adalah lahir dari keluarga dokter dan berada yang menganggap pekerjaan seni menyanyi dan penyair adalah profesi rendahan dengan Philauri sebagai tujuan utama cerita.

Walaupun part terakhirnya memang sangat biasa dan tidak ada kejutan sama sekali, bahkan kisah perhantuan gentayangan diseluruh dunia mungkin seperti itu akhirnya tapi secara keseluruhan film ini sangat menghibur, bisa romantis, komedi dan drama satir sekaligus, tidak akan kecewa melihat film 2 jam 18 menit ini karena kisahnya memang walaupun idenya sangat biasa tapi sekali lagi kita harus mengakui kemasan film India semakin hari semakin membaik.

Dan Anuskha Sharma sejak tampil di PK sepertinya semakin hari semakin bersinar termasuk di film ini.

Selamat menonton ya.

Genre ComedyDramaFantasyRomance Actor
Director Country India
Duration 2 jam 18 menit IMDb
6.1 /10 from 1,666 users
Release 24 March 2017

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , ,

2 replies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: