Pandora, kotak malapetaka yang dicipta manusia

Jan Hyeok (Kim Nam Gill) tinggal bersama ibunya Ny.Suk (Kim Young Ae) dan Kakak Iparnya Jung Hye (Moon Jeong Hee), sementara kakak dan ayah Jang Hyeok telah lama meninggal dunia akibat kecelakaan di pabrik listrik tenaga nuklir tempat dirinya sekarang bekerja. kejadian tersebut menjadikan ibu dan kakak iparnya hidup sebagai seorang single parent, kakak iparnya memiliki seorang anak yang bernama Min Jae, selain itu Jang Hyuk juga memiliki pacar Yeon Joo (Kim Joo Hyun) yang telah menjadi teman baiknya sejak mereka kecil.

Hidup sebagai buruh di pembangkit listrik nuklir bukanlah cita-cita Jan Hyeok sebenarnya akan tetapi keinginannya untuk kerja diluar kampungnya ditentang oleh pacar dan Ibunya.

Pembangkit listrik nuklir yang ada di desanya itupun sebenarnya tidak lepas dari kontroversi, hampir setiap hari demonstrasi masyarakat menuntut pabrik tersebut ditutup akan tetapi karena pabrik tersebut didukung penuh oleh Perdana Menteri membuat pemilik perusahaan semakin tidak perduli dengan keamanan walaupun beberapa riset menunjukan bahwa pabrik tersebut berada dalam kondisi bahaya dan sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa penduduk sekitarnya.

Sehingga malapetaka pun akhirnya terjadi, pabrik tersebut meledak dan menimbulkan tingkat radiasi yang sangat tinggi bahkan apabila kerusakan tidak segera ditangani maka radiasi tersebut akan masuk kedalam atmosfer yang nantinya akan mempengaruhi lebih banyak orang diluar radius batas aman sebuah kerusakan pabrik kimia.

Jan Hyeok yang berada didalam pabrik pada saat itu terkena radiasi bahkan sudah sangat parah sampai muntah darah, sedangkan penduduk desanya juga berupaya untuk keluar dari radius bahaya akan tetapi karena banyaknya penduduk akhirnya semua tersendat dalam satu arah jalan yang sama, orang tua, ipar, pacar dan keponakannya pun termasuk dalam rombongan tersebut.

Sementara proses penanganan radiasi pun tidak berdampak banyak karena pasokan air tidak cukup sementara disamping pusat ledakan ada laut akan tetapi perintah perdana menteri dan perusahaan dilarang menggunakan air laut karena nanti alat-alat yang berada dalam pabrik terkena korosi, dalam situasi bahaya dan ketegangan tersebut masih ada saja pihak pemerintah yang mempersulit sesuatu dan itu karena egoisme seorang perdana menteri, walaupun akhirnya ketika Presiden turun tangan dan memperbolehkan digunakannya air laut ternyata hal itu sudah terlambat, ada satu pipa reaktor yang pecah dan airnya membanjiri tangki pendingin, apabila air tersebut bercampur maka akan terjadi ledakan yang lebih besar lagi dan akan mengancam nyawa 50 juta masyarakat Korea Selatan.

Di posisi itulah Jan Hyeok, berada dalam kondisi ingin lari bersama orang tua dan orang yang dikasihinya akan tetapi kotak pandora sebentar lagi terbuka membuat semua orang terancam, maka harus ada yang menghentikan kejadian tersebut.

Film ini pesan moralnya nyampe menyinggung unsur kemanusiaan, jiwa heroik, issue politik disamping drama keluarga yang menjadi salah satu unsur penting, dramatisasi khas korea bikin nyesek terutama part-part menuju ending. sementara romatisme hubungan Jang Hyeok dan Yeon Joo gak terlalu banyak di ekspose bahkan sejak awal tidak nampak sedikitpun kemesraan diantara mereka barulah part-part menuju ending penonton dibuat mengerti bahwa perasaan mereka sebenarnya sangat dalam dan spesial dan itu sebenarnya sudah terjalin sangat lama.

Part yang mengagumkan sebagaimana layaknya genre disaster film, bagaimana sinematografinya ini di setting sedemikin rupa menjadi suasana yang mampu membawa penonton terhanyaut dalam kengerian, kekacauan kota yang tampak nyata, dengan tampilan jutaan manusia, seperti contohnya saat kita menyaksikan film Train to Busan atau The Flu begitu tampak jutaan manusia disana, tensinya terjaga dengan baik, tampilan beberapa aksi heroic, film ini mempunyai effect CGI nya cukup bagus..

Secara umum disamping beberapa kekurangan dan kelebihan yang ada film ini cukup menghibur dengan beberapa kengerian dan dramatisasi khas korea yang cukup menyentuh, dipastikan kamu akan menangis dan ikut terbawa emosi secara sekaligus apabila menontonnya..

Nonton deh.

Genre Thriller Actor , , ,
Director Country South Korea
Duration 1 jam 40 menit IMDb
6.6 /10 from 957 users
Release 07 December 2016
Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: