In Dubious Battle, sejarah awal undang-undang perkumpulan pekerja

Ditahun 1933, ketika depresi melanda Amerika Serikat yang saat itu masih merupakan daerah pertanian termasuk California yang dijuluki Negara Apel, pekerja pemetik apel disana digaji sangat rendah hanya dengan 1 Dollar per hari, padahal perjanjian awal ketika mereka masuk ditempat tersebut adalah 3 dollar sehari, akan tetapi salah seorang pengusaha licik bernama Bolton berdalih dengan banyak hal termasuk harga yang tidak bisa mereka kendalikan sehingga harga jualnya rendah. London adalah salah seorang pekerja tersebut dan karena pengaruhnya dianggap sebagai pemimpin tidak resmi komunitas pekerja di kebun apel milik Bolton tersebut.

Mac adalah seorang aktivis yang menyuarakan hak-hak buruh pekerja seperti London, berpindah-pindah dari satu komplek pertanian ke pertanian lain hanya untuk mengajak para buruh pekerja tersebut mau berjuang mempertahankan haknya, dan tujuan mereka selanjutnya adalah perkebunan apel Bolton dimana Mac turun langsung bersama Jim Nolan, salah seorang anak muda yang gelisah karena kematian ayahnya diberondong peluru oleh pihak kepolisian dan memutuskan berjuang untuk memberikan arti kehidupannya.

Ketika masuk dalam perkebunan Apel tersebut mereka dengan mudah membaur, para pekerja lainnya pun tidak terlalu memperdulikan mereka bahkan karena kepiawaian Mac dan Jim bergaul membuat mereka tidak menemui kendala, akan tetapi merayu London bukanlah hal yang mudah, dia tidak mau ikut dalam pembicaraan politik sampai ketika Lisa anak perempuannya yang hamil tua dibantu melahirkan oleh Mac dan Jim dengan ilmu kesotoy-an mereka bisa secara ajaib membantu Lisa melahirkan, London pun semakin masuk jebakan dan akhirnya mau ikut dalam perlawanan bahkan karena ketokohannya di komunitasnya semua pekerja mau diajak melakukan mogok kerja.

Tapi perjuangan mereka tidak berhenti sampai disitu saja, usaha Bolton untuk menjadikan mereka pekerja tetap terus dilakukan mulai dari mengintimidasi, mengadu domba, menawarkan kontrak kerja baru dengan kenaikan upah hanya 20 sen sehari, sampai internal mereka sendiri yang mulai mengeropos dan mulai mempertanyakan tujuan mereka mogok karena tidak mendapatkan apa-apa dan mulai membandingkan mendingan mendapatkan 1 dollar sehari daripada tidak sama sekali.

Kelelahan mereka dalam revolusi itulah yang menjadi titik lemah dan membuat mereka semakin diperdaya oleh intimidasi dari Bolton, tapi akhirnya ada satu peristiwa yang membuat mereka bangkit dan akhirnya sejarah mereka berjuang selama satu tahun menjadi cikal bakal diberlakukannya UU pekerja di Amerika dimana semua buruh diberikan keleluasan untuk berkumpul dan menawar pada perusahaan tentang apa yang menjadi hak-hak mereka.

Film ini adalah rekam jejak yang sebenarnya terjadi di tahun 1933, walaupun pada awalnya diceritakan dalam bentuk novel akan tetapi cerita seperti ini pasti benar terjadi di Amerika, bahkan banyak negara pertanian di dunia. Lemahnya daya tawar pekerja, intimidasi dari pemilik modal, LSM yang masuk dalam dunia petani dan akhirnya mampu mengagitasi mereka untuk memperjuangkan nasib-nasib mereka sendiri.

Kita seperti dibawa pada sebuah gerakan ideologis, baik secara ilmu maupun praktis seperti pengorganisasian massa, bagaiman Jim dan Mac bisa masuk dalam dunia buruh pemeik apel, bisa menjadi salah satu tumpuan mereka yang akhirnya bisa menarik untuk bersama-sama melawan ketidakadilan penguasa modal.

Very Recomended banget apalagi buat kamu yang mengaku diri sebagai aktivis, gini nih cara melakukan land reform.

James Franco disini bermain sebagai Mac, Nat Wolff berpean sebagai Jim Nolan dan si cantik Selena Gomez menjadi Lisa yang kemudian menjadi salah satu bumbu percintaan dalam film ini, oh iya sutradaranya James Franco juga loh..

Tertarik? nonton deh.

Genre Drama Actor , , ,
Director Country Usa
Duration 1 jam 50 menit IMDb
6.3 /10 from 1,022 users
Release 17 February 2017
Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: