Child 44, Sisi buruk Fasis dan Komunisme

Kalau ditanya film Thriller paling ideologis yang pernah saya tonton, pasti bakal menjawab film ini, Child 44. Sebuah film yang berkisah dizaman Stalin Uni Soviet tapi berpengaruh dari zaman Hittler yang Fasisme di Jerman, sangat ideologis mereka mengaitkan antara dua ideologi garis kiri tersebut tapi dengan balutan sinematografi yang sangat apik,

Di zaman Stalin, ketika komunisme berkuasa menyebut kata pembunuhan selain akibat perang adalah hal yang sangat tabu pada saat itu, sehingga apabila ada orang yang dibunuh oleh orang lain maka hasil autopsinya pasti adalah kejadian lain yang dianggap wajar oleh masyarakat seperti tenggelam, tertabrak dan lain-lain, “not any murdered in heaven” kata mereka, karena Stalin menganggap orang tidak perlu saling membunuh di Soviet yang bergaris komunis dan dianggap surga.

Hal lain beda lagi yang berkaitan dengan Hittler, bahwa isu yang beredar bahwa sebelum kejayaannya runtuh di Jerman, diktator satu ini menanamkan virus pada beberapa orang sehingga menjadi haus pada darah anak kecil.

Dua kisah itulah yang melatar belakangi film ini, adanya pembunuhan di Uni Soviet dengan haus darahnya para tentara soviet yang disusupi virus Hittler tersebut, pembunuhan demi pembunuhan terhadap anak kecil sebanyak 44 orang yang akhirnya terus ditutupi oleh pemerintah Soviet dengan tetap berpegang teguh bahwa negara mereka adalah surga, selain pembunuhan demokrasi dan kritik juga terlarang disana sehingga ketika hal tersebut mengemuka di masyarakat maka orang tersebut pasti akan ditangkap.

Leo Demidov adalah seorang MGB yang terjebak dalam dua kondisi tersebut, pengalamannya sebagai anak yang tinggal di panti asuhan membuatnya menjadi tentara yang punya hati, menikah dengan Raisa yang kemudian di curigai sebagai seorang pengkhianat membuatnya terjebak dalam kondisi tersebut, pembunuhan anak sahabatnya pun semakin memperparah kondisi tersebut, dilain sisi dia percaya bahwa anak sahabatnya dibunuh akan tetapi ketika menentang, istrinya juga sedang dimata-matai sebagai seorang pengkhianat dan lebih parahnya lagi dia sebagai suami yang ditugaskan untuk menyelidiki hal tersebut.

Kondisi perdebatan itulah yang membawa dia akhirnya diasingkan ke kota yang paling buruk di Uni Soviet saat itu, pangkatnya pun diturunkan sangat jauh menjadi anak buah tentara yang tidak lagi dihormati seperti kedudukannya ketika masih di Moskow. Tapi kondisi itupun yang akhirnya berbalik ketika di kota tersebut pembunuhan anak kecil pun terjadi beberapa kali setelah kedatangannya, melihat hasil goresan ditubuh korban Leo akhirnya berpendapat bahwa pembunuhan anak di Moskow sebelumnya saling terkait dengan pembunuhan ditempat tersebut.

Kisah itupun akhirnya mengalir semakin tegang, dalam proses pembuktian yang harus kucing-kucingan aparat, status mereka sebagai orang terbuang yang harus selamat dari penjagaan tentara soviet kala itu, belum lagi jebakan teman Raisa yang ternyata seorang anggota MGB yang menyamar menjadi seorang guru. Bagaimana kisahnya akan berakhir? nonton deh 😀

Sangat recomended, dan layak ditonton.

Genre Crime, Thriller Actor , , ,
Director Country Czech Republic, Romania, Russia, Uk, Usa
Quality BluRay IMDb
6.5 /10 from 46795 users
Release 17 April 2015 Duration 2 jam 17 menit
Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: