Hidden Figures, tentang tokoh di belakang layar sejarah Amerika

Ada yang pernah mengenal Katherine Johnson? Mary Jackson, atau Dorothy Vaughn? saya yakin banyak dari kita yang tidak pernah mengenal mereka termasuk saya. Sampai ada film ini yang kemudian mengajarkan bahwa banyak hal yang terjadi didunia ini dengan aktor-aktor belakang layar yang luar biasa.

Film ini berkisah tentang 3 orang perempuan Afro Amerika yang bekerja di NASA, awalnya mereka adalah pekerja kasar yang disebut “komputer” oleh orang kulit putih amerika, bekerja diruangan kecil dilantai dasar dan punya kamar mandi yang khusus untuk kaum mereka saja, sedangkan kaum kulit putih mempunyai tempat yang lebih baik.

NASA saat itu adalah fase awal sedang giatnya untuk melakukan ekspedisi luar angkasa, bahkan itu adalah langkah awal untuk melakukan perjalanan ke bulan beberapa tahun setelahnya. Diitulah Katherine, Mary dan Dorothy berada, dikelas bawah pekerja karena kulit mereka yang berwarna, padahal secara kemampuan mereka berada diatas rata-rata.

Ketika Mary dipindah dibagian pembuatan pesawat luar angkasa karena kemampuan analisa tekniknya dan Katherine dimasukan dalam bagian perancangan orbit karena kemampuan menghitung geometrinya perjalanan itupun berubah menjadi kisah yang sangat heroik, Dorothy sendiri karena sadar bahwa NASA sedang menggandeng IBM yang merupakan perangkat komputer pertama saat itu memutuskan untuk mempelajarinya sebagai antisipasi dari kemajuan teknologi yang kemudian dia khawatirkan bakal menggerus manusia sebagai pekerja apalagi mereka adalah kumpulan warga kulit hitam.

Film ini benar-benar membius saya, apalagi ketika Mary yang berdialektika dengan hakim yang menangani perkara bahwa dia sebagai perempuan dan berkulit hitam mengajukan untuk bisa menjadi seorang insinyur dimana karena perilaku gender dan rasis amerika saat itu yang hanya memperbolehkan untuk pria dan berkulit putih.

Juga bagaimana Katherine mampu menghitung dengan cermat bagaimana titik pendaratan dan juga peluncuran sebuah roket yang membawa astronot dengan sempurna, sampai seorang astronot yang ingin melakukan peluncuran dramatis sangat percaya kepadanya ketika para insinyur lain di detik-detik akhir meragukan titik koordinat peluncuran dan pendaratannya,. “Coba tanya Katherine, bila dia mengatakan ok maka saya akan melakukannya ” dan itu adalah sejarah penerbangan Amerika ke luar angkasa yang pertama.

Dorothy pun begitu, ketika staff IBM yang menghitung secara komputerisasi sebuah pekerjaan dan mengalami kebuntuan maka dengan nekat untuk mempelajari melalui buku juga ditunjang kecerdasan luar biasa, dia mampu menunjukan bagaimana proses yang benar dari sebuah sistem komputer.

Akan tetapi karena mereka berkulit hitam maka nama mereka tidak muncul ke permukaan, dan kisah film ini adalah kisah nyata bagaiman 3 orang hidden figures mampu menjadi sebuah pembeda dari lingkungan yang mendiskreditkan mereka, dengan apa? dengan kecerdasan mereka yang luar biasa.

Very Recomended film, ratingnya pantas untuk mendapat nilai 7 lebih dan sepertinya imdb sepakat dengan penilaian itu.

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: