Asus ROG Strix GL502VS Bukan Sekedar Notebook Gaming #TechReview

Notebook awalnya adalah sebuah komputer yang hanya diperuntukan untuk mengejar aktivitas mobile penggunanya, dengan kualitas GPU yang seadanya membuat notebook seringkali tidak cocok untuk dipakai bermain game, desain atau buat yang suka bikin video perlu sekali notebook dengan kualitas rendering yang bagus, bisa saja memang dipakai untuk 3 aktivitas tersebut tapi tetap saja dulu orang lebih milih desktop, yang kemudian dalam perkembangannya banyak vendor yang melirik pasar ini dan kemudian mulai hadirlah notebook gaming sampai akhirnya seperti sekarang.

Asus yang pada awalnya pula belum melirik pasar ini pun akhirnya dimulai berawal dari melirik motherboard gaming di tahun 2006 sampai sekarang mengeluarkan notebook gaming nomor 1 yang bernama Asus ROG (Republic of Gamers) salah satunya adalah notebook gaming ASUS yang menggunakan arsitektur kartu grafis baru berbasis Pascal yaitu ASUS ROG Strix Gl502VS. Selain menggunakan GPU terbaru ROG Strix GL502VS juga diperkuat dengan Intel Core i7-6700HQ generasi keenam yang sangat powerful baik untuk gaming atau dua kegiatan lain seperti desain atau rendering.

f5b9d7e75b43f6165c2c245c7869df78-1122-812

sumber :cpuboss.com

Intel Core i7-6700HQ

Intel Core i7 merupakan processor yang sangat cepat, hemat energi, dan cocok dipakai oleh siapapun yang membutuhkan performa PC yang tinggi. Kedua processor ini sudah banyak digunakan di desktop maupun laptop dengan berbagai model dan seri, seri intel ini memiliki clock speed yang lebih cepat, serta hyper threading

  • Hyper-Threading adalah kemampuan kemampuan setiap core processor untuk memproses dua thread sekaligus dalam satu waktu. Hyper-Threading bisa ditemukan di semua processor Intel Core i7, bagi kamu yang suka melakukan aktivitas seperti video editing, 3D designer, atau 3D animator, fitur ini bisa membantu meningkatkan performa saat proses rendering.
  • Secara mudah, clock speed adalah ukuran seberapa cepat core processor bisa memproses sebuah operasi maka maka clock speed yang lebih tinggi bisa diartikan kecepatan dan performa yang lebih baik dan Intel Core i7 memenuhi syarat tersebut, Apalagi Intel Core i7 sudah dilengkapi dengan fitur Turbo Boost yang akan meningkatkan clock speed jika ada cukup banyak power atau ada core yang tidak terpakai dalam sebuah proses.
  • Intel Core i7 memiliki cache 8MB, Cache ini ibarat sebuah kotak untuk meletakkan banyak hal yang diperlukan untuk menjalankan sebuah proses, memungkinkan processor untuk mengambil apa yang dia perlukan dengan cepat tanpa harus mengambilnya dari RAM. Semakin besar cache yang dimiliki sebuah processor maka semakin banyak data yang bisa dia akses dengan cepat, sehingga semakin cepat pula dia menjalankan suatu proses.

Istimewa gak Intel Core i7 6700HQ ini? buat kamu yang nyari Intel spec dewa untuk gaming, ya jenis ini jawabannya dan semuanya itu ada di ASUS ROG Strix Gl502VS, coba deh kita lihat bagaimana detailnya yang lain.

Desain Stylish dan Eye Catching

Asus ROG Strix Gl502VS mengakomodasi kebutuhan kamu yang ingin menggunakan laptop gaming akan tetapi tetap bisa simple dan bisa easy going dibawa kemana saja, Dengan ketebalan 2,35cm, dan bobot hanya 2,2Kg, ASUS ROG Strix GL502VS cocok untuk disematkan sebagai Notebook gaming yang tipis bahkan untuk dikelasnya, notebook ini bisa disebut tertipis.

Asus ROG Strix Gl502VS mempunyai warna yang didominasi oleh warna hitam, dengan corak oranye dibeberapa tempat dan logo ROG didepan dengan corak oranye pula membuat notebook ini terlihat sangat eye catching.

img_20161201_200544-copy

Layar 15.6 inch dengan resolusi FullHD IPS yang tentunya menambah keseruan dalam bermain game ditambah ASUS ROG Strix GL502VS memiliki GPU NVIDIA GeForce GTX 1070 yang sudah G-Sync sehingga dapat menghilangkan lag dan bermain game secara halus.

img_20161201_200903

Kombinasi yang tepat layar 15.6 inch yang dimiliki oleh ASUS ROG Strix GL502VS memang cukup besar maka Asus memasangkan full keyboard dengan numepad.  ASUS ROG Strix GL502VS menggunakan keyboard anti-ghosting, tombol WASD yang berwarna oranye serta backlight keyboard berwarna merah, oh iya Tombol WASD itu adalah tombol gamers deh sehingga Asus memilih mengistimewakannya menjadi warna tersendiri.

img_20161201_200535

Pada sisi bagian kiri ASUS ROG Strix GL502VS terdapat lubang power, ethernet port, mini display port, HDMI, USB 3.0 dan USB Type C, Sedangkan pada sisi bagian kanan terdapat lubang headset jack 3.55mm, 2 usb 3.0, dan SD Card reader.

Fitur Lengkap membuatnya semakin nyaman

Dengan notebook yang sudah menggunakan prosesor terbaru dari Intel Core i7 Generasi ke-6 Skylake, tentu saja ASUS ROG Strix GL502VS mempunyai fitur-fitur yang buat nambah kenyamanan ketika bermain game. ASUS ROG Strix GL502VS memiliki beberapa fitur unggulan diantaranya adalah memiliki sistem pendingin ganda, ROG Gaming Centre, dan ICEpower dengan SonicMaster.

nvidia-geforce-gtx-1070-specifications

NVIDIA Geforce 1070 Gaming

Pengguna juga tidak perlu khawatir akan suhu berlebih. ASUS yang merupakan produsen utama motherboard di dunia telah mempersiapkan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook ASUS ROG GL502VS untuk menghasilkan pendinginan maksimal. Di samping itu, ASUS juga menyertakan fitur IceCool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.

Terdapat pula fitur Gaming center yang memungkinkan pengguna ASUS ROG Strix GL502VS melihat sistem informasi notebook seperti memori yang digunakan dan sisa penyimpanan. Ada juga splendid untuk mengatur warna layar, ROG Audio wizard, Disable windows key untuk menonaktifkan tombol windows agar tidak sengaja terpencet saat bermain game.

asusroggaming-1024x550

ROG Gaming Center

Dengan dukungan fitur-fitur tersebut serta gabungan antara Intel Core i7-6700HQ dan chip NVIDIA GeForce GTX 1070 (G-Sync), VR Ready dengan memori sebesar 8 GB GDDR5 membuat kamu tidak perlu khawatir dengan performanya kemudian RAM yang juga telah ditingkatkan menjadi 32GB DDR4. Kapasitas media penyimpanannya mencapai 1000 GB dengan harddisk berkecepatan 7200 rpm. Storage tersebut masih ditambah dengan SSD berukuran 256 GB  yang menawarkan kecepatan read/write yang lebih tinggi, kurang gahar gimana lagi coba?

Hasil Tes

3d-mark-fire-strike

Hasil Benchmark mengunakan Fire Strike 1.1 dan skor 11400 merupakan salah satu yang tertinggi di pasaran

benchmark-cinebench-cpu

Tes CPU  yang menunjukan skor yang baik untuk Intel Core i7 6700HQ dengan Cinebenc R15

benchmark-cinebench-opgl

Tes GPU untuk NVIDA Geforce GTX 1070

pc-mark-test

Skor NVIDIA Geforce GTX 1070 dan Intel Core i7 6700HQ dengan PCMARK 8

crystaldiskmar-hdd

Performa tes Hardisk dengan CrystalDisk Mark

crystaldiskmar-ssd

Performa SSD dengan Crystal Disk Mark

scr-game-doom

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Strix GL502VS

CPU Intel® Core™ i7-6700HQ Processor (6M Cache, up to 3.50 GHz)
OS Microsoft Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 32GB
Storage 2,5” SATA 1TB 7200rpm + 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 15,6” Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080)
Graphics NVidia GeForce GTX1070M 8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 3x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type-C, 1x HDMI port, 1x Mini port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC)
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Dual Array Microphone, Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster
Weight 2.2Kg
Dimension 39.0(W) x 26.6(D) x 3.01 (H) cm
Keyboard Anti-ghosting Illuminated chiclet keyboard, 1,6mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 cells, 4120mAh
MSRP Rp.30.299.000 (free ROG mouse)
Warranty 2 years full global warranty

Kesimpulan

Sebagai notebook gaming nomor 1, Asus memang sangat memperhatikan kenyamanan pengguna dalam memainkan game, tidak hanya untuk game spesifikasi grafis yang sedemikian tinggi juga dapat membantu kebutuhan pengguna lain yang membutuhkan grafis selain gaming seperti desain dan video rendering.

ASUS ROG Strix Gl502VS dengan Intel Core i7 6700HQ ditambah chip NVIDIA GeForce GTX 1070 (G-Sync), VR Ready membuatnya cocok disebut notebook gaming yang luar biasa, apalagi layar yang hanya 15,6 Inch serta ketebalan 2,35cm membuat notebook ini dapat dipakai mobile dan tampilannya yang stylish serta eye catching sudah cukup membuatmu harus menahbiskan ASUS ROG Strix Gl502VS sebagai notebook gaming dengan spesifikasi dewa dan tertipis di kelasnya.

Fitur-fitur yang menarik didalamnya juga mendukung spesifikasi yang luas tersebut, masih ada lagi keperluan lain untuk gaming yang kamu butuhkan dari sebuah notebook? kalau notebook gaming sih memang banyak, tapi ya hanya sekedar bisa gaming aja, ya dengan spesifikasi dewa ASUS ROG Strix Gl502VS memang gak masuk sekedar gaming, tapi sudah luar biasa.

Iklan


Kategori:tech

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: