Ketika tahun lalu (eh iya, blog ini sudah mau ulang tahun) memutuskan untuk serius ngeblog lagi, saya mempelajari sekali kelemahan dulu ketika masih awal keranjingan ngeblog dan kemudian vakum begitu lama, memutuskan memilih nama komentarin blog juga seperti perlu kontemplasi panjang, apalagi kemudian ketika masih nama itu tersemat sub domain blog gratisan yang akhirnya dengan banyaknya viewer perhari blog ini akhirnya seperti berteriak “DotComForMe“.

Memilih dotcom atau dotnet memang susah juga, mengingat dua domain ini merupakan yang paling tenar diantara semuanya, juga saya memperhatikan lafaz yang pas ketika komentarin dipasangkan pada dua domain tersebut, yang walaupun akhirnya memilih dotcom yang akhirnya menjadi komentarin.com

Tetapi secara lebih spesifik kenapa  memilih dotcom adalah karena saya mengharapkan komentarin ini menjadi sebuah brand untuk sebuah produksi artikel yang menarik dengan memakai sudut pandangnya, pertimbangan hampir semua brand ternama memakai domain ini untuk produk mereka yang akhirnya meyakinkan aku lebih dalam.

Tentu saja aku tetap tergila-gila dengan domain yang bernama dotnet, yang menurutku secara pribadi bahwa penggunaan domain ini terkesan untuk hal-hal yang berbau pribadi/blog personal seperti kebanyakan personal blogger dalam dan luar negeri yang saya perhatikan, yang karena rasa penasaran tersebutlah akhirnya untuk memenuhi hasrat menulis diluar konteks blog utama saya, hadirlah ezahazairin.net yang kemudian menjadi personal blog dari pemilik komentarin.com yaitu saya sendiri, perpaduan nama yang cukup cantik bukan?

dot_net_domain
source:internet

Banyak orang bertanya, bahkan dalam pertemuan tidak sengaja dengan blogger seminggu yang lalu dalam event yang sama, Dia seperti takut merubah domain gratisannya menjadi TLD, menjadi entah itu dotcom atau dotnet, padahal banyak sekali keuntungan yang bakal didapatkan apabila kita memakai domain TLD (alasan teknis, bukan secara personal yang masih alay kayak saya tadi gitu).

Sebelum kita masuk ke alasannya ada baiknya kita kenal dulu apa itu TLD, dalam dunia internet nama domain adalah identitas untuk mengidentifikasi nama server komputer di   dunia maya,untuk mempermudah pengguna mengakses dan mengingat server yang di kunjungi di bandingkan harus mengenal IP yang berisi deretan angka (pernah lihat kan model IP Public yang beurutan seperti 192.168.1.70 atau coba ketik di address bar angka 173.194.39.19 pasti yang muncul itu berandanya google), jadi domain adalah huruf identitas yang menggantikan angka, di internet angka 173.194.39.19 otomatis akan di direct ke http://www.google.com. Nah, Top Level Domain itu adalah kata di belakang nama domain, paham gak sih? paham kan ya :D.

Secara umum inilah beberapa sebab kenapa kamu harus ganti nama blog gratisan menjadi blog dengan domain TLD :

Pertama, buat nunjukin ke orang-orang kalau ini adalah domain kita, Tidak ada salahnya memang kita tetap setia dengan domain gratisan yang dikelola. tercatat cukup banyak orang yang mampu menjaring pengunjung ke blog mereka dengan domain yang masih gratisan, tapi saya pribadi yakin ketika kita menyebutkan namablog.com/ namablog.net pasti prestisenya lebih kerasa apabila hanya berasal dari blogging domain gratisan, beda banget dan saat ini cukup banyak brand yang mensyaratkan blog yang didaftarkan itu adalah jenis TLD.

Kedua, Lebih terkesan profesional, blog berdomain TLD Karena level domain kita naik satu tingkat, mengisyaratkan sebuah keseriusan, (ini sama gak sih ya sama kayak nomor satu), hal ini tentunya juga bisa memberikan citra positif pada personal branding kita di dunia blogging.

Ketiga, Meningkatkan peringkat SERP, Para master SEO banyak yang menganjurkan hal ini, karena domain TLD bisa meningkatkan website kita di SERP Google. Hal ini berkaitan dengan domain authority atau otoritas sebuah domain(DA) dan page authority atau otoritas halaman (PA) dari sebuah blog, Kalau teman-teman yang pake blog dengan domain dratisan memang DA dan PA nya tinggi, diatas 90 biasanya, akan tetapi itu bukan karena branding kita, akan tetapi karena bawaan situs blog yang kita pakai dan memang sudah mempunyai nama sehingga DA dan PA nya tinggi

Sedangkan kalau kita rubah menjadi domain TLD, pasti bakal ngerasain dari awal bernilai PA dan DA = 1 kemudian meningkat karena content kita semakin menarik dan gampang dibaca oleh alogaritma google.

Keempat, Pembaca mudah mengingat domain kita, Dengan domain gratisan, nama blog terlihat lebih panjang dan susah diingat oleh pembaca. Selain itu, domain gratisan sedikit susah untuk mencantumkan nama kita pada alamat atau url blog. Tentunya berbeda jika sobat merubah nya ke TLD. Alamat website kita menjadi lebih pendek dan sangat mudah diingat oleh pembaca yang tertarik dengan website kita. Untuk itu lebih di sarankan jika sobat mengganti domain, pakailah nama sendiri untuk alamat website kita

Kelima, lebih mudah untuk di monetize, banyak pengiklan di internet seperti, Chitika, Amazon, Adsense camp, Bidvertizer dan Google Adsense. blog dengan domain TLD lebih besar peluangnya untuk di terima sebagai publisher. Walaupun memang domain gratisan tidak menutup kemungkinan untuk memiliki kesempatan yang sama. Namun silahkan dikroscek pasti kebanyakan brand lebih menyukai yang sudah TLD.

Kira-kira itu deh menurutku keunggulan menggunakan top level domain .net/.com, ada yang punya pendapat lain? atau masih kurang gak alasannya? cukup lah pasti, buat apa banyak-banyak alasan, kita gak bakal tahu bedanya kalau belum ngerubah, gak sulit kok juga cara dapetin dotcom atau dotnet ini, cukup beli saja ke beberapa situs penyedia hosting dengan harga yang variasinya tergantung penyedianya, akan tetapi sesuai dengan pengalaman harganya berada dalam kisaran 100-250 ribu rupiah.

Kalau mau lebih gampang coba lihat di http://dotcomforme.com, ada pilihan mudah untuk kamu apalagi ada agent yang selalu siap membantu, berikut detail caranya :

  1. Masuk ke situs dotcomforme. Ketik dotcomforme.com di address bar, klik beli domain nanti ada pilihan memasukan domain.P
  2. Pilih nama domainmu misal blogpunyasaya.com (pilihannya ada .com dan .net) lantas klik cek ketersediaan, nanti kalau tersedia maka akan tampil pilihan harga paket 1 tahun dan 2 tahun, pilih sesukamu saja karena itu berpengaruh pada pembayaran dan itu pilihan kamu sendiri.
  3. Centang add on yang tersedia
  4. Isi data diri dengan lengkap.
  5. Setelah data diri lengkap, klik selesaikan pesanan maka akan keluar nomor invoice kamu dan klik button dibawahnya maka akan keluar invoice lengkap berikut cara pembayarannya
  6. Segera bayar di ATM pilihanmu agar blog TLD mu segera aktif

Untuk lebih jelasnya pantengin deh video ala-ala saya dibawah ini, semoga membantu ya 😀

Ayo TLD kan blog kamu deh, tunggu apalagi? atau kamu yang sudah punya blog TLD ayo share cerita kamu di bawah ini tentang Kelebihan menggunakan Top Level Domain net/.com, lihat banner dibawah ini untuk lebih jelasnya. selamat mencoba !!!

banner-2
Ayo segera nikmati Keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/.com

#dotcomforblogging

Iklan