Moana, kita dan Alam #ReviewFilm Moana

Setiap orang punya passion masing-masing, begitu juga dengan Moana gadis kecil yang saya nonton beberapa jam yang lalu, bagaimana passion menyayangi sesamanya ketika membantu seekor penyu untuk kembali ke laut membuatnya terpilih menyelamatkan alam, Laut telah memanggilnya begitu lama dan ketika kerusakan sudah mulai merajalela dia paham jawabannya hanyalah ada di laut. Bagaimana dia kesana, menurut petunjuk neneknya dia harus menemukan Maui yang telah terjatuh dan kehilangan mata pancing pemberian dewa yang akhirnya membuat Maui hanyalah manusia biasa.

Cerita film ini sangatlah simpel, ada kerusakan alam dan masalahnya hanya bisa diselesaikan oleh yang terpilih, yaitu Moana dan akhirnya mengeluarkan segenap usahanya untuk mengembalikan alam yang rusak karena jantung hati Te Fiti dicuri oleh Maui, untuk itu Moana harus berhadapan dengan keinginan keras sang ayah, lautan yang gelap, bajak laut sampai akhirnya harus berhadapan dengan Te-Ka yang muncul setelah Jatung Te Fiti dicuri.

Moana dalam bahasa Polynesia adalah berarti lautan, yang nama itu akhirnya digunakan Disney sebagai tokohnya, walaupun di Italia film ini berubah menjadi Oceania, ya karena nama Moana disana adalah nama bintang porno italia.

Film ini adalah film musikal, tapi kalau banyak film musikal itu kesannya membosankan, tidak akan terjadi dengan film ini, lagunya bahkan terdengar sangat familiar dan ketika habis nonton langsung saya cari list lagunya. sangat menggugah banget deh pokoknya. apalagi ketika Moana berhadapan dengan monster kepiting di alam monster, lagunya bagus banget pokoknya.

Film ini memenuhi semua syarat layak di tonton oleh semua umur, anak-anak yang menonton di depan saya saja tertarik banget melihat semua adegannya, ikut berjingkrak-jingkrak gembira dengan keberhasilan Moana, sudah lama juga saya gak melihat film animasi yang punya cerita sekuat ini, kalau masalah animasinya jangan ditanya lagi deh, sudah lama Disney berkecimpung dalam gambar bergerak ini.

Berkaitan dengan ceritanya itu, katanya juga film Moana ini adalah tokoh disney yang tidak terdapat dalam dongeng, Cerita jatung hati Te fiti ini juga menarik, karena memakai simbol spiral didalamnya, Spiral merupakan simbol yang sering digunakan dalam latihan spiritual di hampir seluruh peradaban kuno. Spiral melambangkan dewi, rahim, kesuburan, energi kekuatan hidup, perubahan berkesinambungan dan evolusi alam semesta. Simbol Spiral yang ada di seluruh tubuh manusia, hewan, tanaman, mineral, pola energi, dan alam semesta mengingatkan manusia akan perjalanan hidup yang terus berkembang. Secara lebih luas, simbol ini digunakan untuk mengingatkan manusia akan evolusi lahir dan batin semua makhluk hidup serta menjaga keseimbangan dan pemusatan pikiran.

Cerita ini menyiratkan satu hal, bahwa apabila keseimbangan alam tidak dijaga, maka alam itu sendiri akhirnya yang akan menghilangkan keseimbangan itu sendiri, menjadi monster yang bernama Te Ka, roh jahat yang akan menghilangkan semua kesuburan alam akibat dari perilaku manusia yang egois dan tamak akan kejayaan seperti Maui yang untuk kejayaannya akhirnya mengambil jantung hati itu untuk dipuja, sama seperti kita manusia yang mengambil sumber daya alam tanpa memperhatikan keseimbangan yang akhirnya kita sadar suatu saat akan menjadi tidak berdaya ketika alam marah karena ketidakseimbangannya.

Keren deh, film ini harusnya mendapat skor 9.5 dari IMDB, sangat bernilai, menghibur, animasi yang luar biasa, theme songnya yang menggugah.

Jangan gak nonton deh, saya nyesal telat nonton dan bahas di sini, tapi mending telat daripada gak kan?

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: