Bagaimana Cerita Inferno jika situsnya bukan di Eropa #ReviewFilm Inferno

Rada telat sih memang nonton filmnya, karena tempat tinggal yang jauh dari bioskop membuat agak telat semua menonton film terbaru, akan terbaru berkat penyedia film streaming yang nyediain akhirnya bisa nonton (yupp ini rada curang hehe) tapi gak papa ya, untuk film satu ini aja, sellain gak sabar ngelihat aksi Tom Hanks lagi saya juga termasuk pernah membaca Divine Comedy yang Inferno masuk di dalam salah satu bukunya.

Secara ringkas film ini adalah sebuah film misteri bagi yang suka kisah Dan Brown kayak Angel and Demons atau Da Vinci Code pasti suka dengan jenis film ini, Robert Langdon (Tom Hanks) yang mengalami kecelakaan terbangun di sebuah rumah sakit di Italia dan menderita amnesia. Untuk memulihkan ingatannya yang kacau, Robert dibantu oleh seorang dokter wanita bernama Dr. Sienna Brooks (Felicity Jones) yang juga menyukai sejarah.

Keduanya lantas menyadari bahwa ada bahaya yang sedang mengintai umat manusia. Sebuah organisasi rupanya berusaha menyebar virus mematikan, dan Robert harus segera memecahkan teka-teki bernama Inferno demi menyelamatkan banyak orang.

Dibantu oleh Sienna, Robert berkejaran dengan waktu untuk menguak misteri Inferno sebelum wabah menyebar. Keduanya pun mengalami petualangan dengan melintasi berbagai negara di Eropa dan mengikuti semua petunjuk yang ditinggalkan oleh Zobrist (Ben Foster), otak di balik rencana pemusnahan umat manusia.

Film ini sangat terinspirasi dari buku Dante, dengan cerita sembiltan lapisan nerakanya konon pada saat bukun ini diterbitkan pendeta di gereja sampai kewalahan dengan membludaknya orang yang kembali religius karena terbayang lapisan neraka yang dibuat oleh Dante ini, bayangin aja dalam cerita Dante Alighieri dalam Inferno yang menceritakan kiasan perjalannya menemukan perjalanannya menyusuri lapisan neraka Dalam lingkaran kedua neraka misalnya yang adalah tempat mereka dikuasai oleh nafsu. Dante mengutuk “penjahat duniawi” karena membiarkan nafsu mereka tdk terkendali. Mereka adalah orang-orang pertama yang benar-benar dihukum di neraka. Jiwa-jiwa ini ditiup bolak-balik oleh angin yang mengerikan dari badai yg mengerikan, tanpa istirahat. Ini melambangkan kekuatan nafsu untuk meniup sesuatu yg sia-sia dan tanpa tujuan.
Dalam lingkaran ini, Dante melihat Semiramis, Dido, Cleopatra, Helen of Troy, Achilles, Paris, Tristan, dan banyak lainnya yang dikuasai oleh cinta sensual selama hidup mereka, familliar gak kira-kira dengan nama itu? sudah pernah baca kan ya di sejarah?

13829192-_sx540_

lingkaran neraka Dante.

Hal yang menarik bagi saya selain ceritanya dari film ini adalah perpindahan latar dari beberapa tempat mulai dari Florence, Venesia, sampai Istanbul, situs-situs bersejarah semacam  Palazzo Vecchio, Lampredo, House of Dante, Basilica di San Marco sampai Haga Shopia, tempat yang dikunjungi dalam film ini sangat terasa membuat aura filmnya menjadi kental, tempatnya sangat mendukung hal tersebut, mungkin memang settingnya sesuai dengan buku Inferno karangan Dan Brown yang sudah pasti melewati proses riset yang lama, akan tetapi budaya eropa pun mendukung hal-hal seperti ini, karena mereka menjaga betul apa itu karya seni dan budaya, bandingkan dengan Indonesia, tentu saja kalau Dan Brown harus riset di Indonesia pilihan destinasinya pasti tidak banyak, kalau tidak kota tua di Semarang, ya mungkin di daerah Jogja yang masih banyak tempat alami, ke Jakarta? kota tuanya bukan hanya tua umur tapi bangunannya pun melapuk di makan zaman, bagaimana cerita sekelas inferno bisa hadir di negeri ini?

baptistry2

salah satu lokasi film Inferno yang masih terjaga keasliannya. 

Film ini sangat recomended banget buat kamu yang suka dengan hal-hal misteri, apalagi pemain Utamanya Tom Hanks, sepanjang saya tahu film sejak kecil film drama aktor satu ini belum ada yang gagal lo, pasti bagus banget.

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: