Review film All the way

Kematian Kennedy ternyata menyisakan banyak drama panjang, termasuk bagaimana UU warisannya diperjuangkan oleh penerusnya Lyndon Baines Johnson yang akrab disapa LBJ, film ini tentang bagaimana perjuangan membuat UU Hak sipil yang mengakui warga negro sebagai salah satu bagian dari rakyat amerika.

all-the-way-v2-1920

Di film ini juga tergambar jelas bagaimana perjuangan LBJ untuk meloloskan UU itu dan juga memenangkan LBJ kembali menjadi presidan Amerika Serikat adalah bekerjasama dengan Martin Luther King, seorang pemimpin negro yang disegani dan juga punya bargaining position yang sangat kuat untuk berargumentasi dengan seorang presiden. walaupun memang difilm ini menyinggung satu aib terbesar yang dimiliki oleh pejuang hak masyarakat sipil amerika itu.

LBJ memainkan posisi yang sangat sentral dalam pemerintahan Amerika bahkan dalam perjalanan karirnya berseberangan dengan salah seorang pentolan politikus demokrat yaitu Dick Russel, akan tetapi hanya secara politik saja untuk pertemanan mereka masih saling berkomunikasi bahkan saling membahas permasalahan terkini yang dihadapi pemerintahan.

Dalam film ini bagaimana kelihaian LBJ memainkan isu hak-hak sipil untuk warga kulit hitam sebagai komoditas politiknya untuk meraih suara pemilih liberal, sekaligus warga kulit hitam. Tidak sampai disitu saja bahkan UU itu dijadikannya sebagai alat tawar dalam meredam aksi gerakan protes kulit hitam dan sekaligus menapak jejak kakinya dalam tangga pemilih presiden Amerika Serikat selanjutnya, sangat cerdas.

Tidak hanya memaikan pola politiknya itu saja, para pemilihnya mampu dibuatnya bungkan dan disentuh nuraninya bahwa apa yang diperjuangkannya dalam UU rakyat sipil tidak hanya tentang warga kulit hitam tapi untuk kemajuan bersama sebagai warga amerika.

Part terbaik dari film ini adalah bagaimana LBJ dapat membungkam wilayah selatan Amerika yang terdiri dari wilayah Alabama, Missisipi dan Georgia untuk mendukung pencalonannya sebagai presiden dari partai demokrat di tahun 1964, membungkan nurani mereka, menghentikan protes warga kulit hitam dengan menawarkan paket kulit hitam dan kulit hitam sebagai perwakilan partai, dan ketika hal itu tidak diterima oleh Martin Luther King akhirnya dengan tangan besi dia memerintahkan penyumbang dana terbesar pergerakan Martin Luther King untuk turun tangan dan mengancam untuk menghentikan dananya. Kalau ngelihat part itu secara langsung kalian bakal terkagum-kagum deh, bagaimana dia menghandle itu semua.

Satu hal yang menarik dari film ini adalah bagaimana LBJ mengupayakan semua jalan yang ada bahkan dengan menerabas partainya sendiri untuk meloloskan apa yangdia mau, dan mungkin itu kenapa film ini berjudul All the way.

Yang mau belajar politik sekaligus melihat satu bagian sejarah politik internasional harus nonton film ini, karena nilai dan strateginya banyak banget, rugi kalau tidak menjadikan film ini sebagai rujukan.

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: