Belajar kehidupan dari film Toba Dream

5035f8966cae20129c28db6af931e34aposter

Semua orang mempunyai impian dalam hidupnya, begitu juga dengan Ronggur yang berada di bawah tekanan ayahnya seorang pensiunan tentara jujur sehingga miskin sepanjang hidupnya. Segala cara dilakukan Ronggur untuk bisa menjadi kaya sesuai dengan apa yang dicita-citakannya. Tapi menjadi kaya bukanlah tujuan hidup ayahnya, satu hal yang menyentuh dari kata-kata ayahnya yang diperankan oleh Mathias Muchus adalah “Berhasil itu bukan karena kamu telah menjadi kaya, tapi berhasil itu karena kamu telah menjadi orang yang baik”

Telat banget memang nonton ini, film ini memang terlihat dua hal yang sangat nyata, bagaimana hampir semua manusia ingin menjadi kaya untuk dapat dipandang didepan orang banyak, ketika melamar gadis pujaannya pun tidak ditolak karena miskin dan pertentangan dua generasi yang jauh berbeda pola pikirnya.

Ronggur sebenarnya hidup dengan penuh harapan bahwa ayahnya yang mengabdi sejak zaman awal kemerdekaan dapat dihargai jasanya ketika pensiun bukan hanya dengan secarik kertas penghargaan. Tekanan militer yang di pakemkan di rumah mereka, seisi rumah seperti prajurit yang harus mengikuti kata-kata komandannya. Itu berhasil buat Taruli dan Sumurung adik Ronggur tapi tidak bagi mereka.

Melihat film ini pula kita serasa bercermin bahwa banyak anak di dunia ini yang terkungkung oleh mimpi-mimpi dan titah-titah orang tuanya, tidak salah memang tapi banyak anak yang dilahirkan istimewa untuk menentang model pendidikan seperti itu.

Hal lain yaitu bagaimana Ronggur yang akhirnya menghalalkan segala cara untuk merebut Andini dari orang tuanya yang menentang hubungan mereka karena kemiskinannya. Anak perempuan seperti Andini pasti banyak juga yang mengalaminya bahkan sampai saat ini mungkin.

Tapi Ayah Ronggur juga tidak sepenuhnya salah dalam memperlakukan anak-anaknya akan tetapi caranya tidak bisa seperti itu, yang intinya film ini adalah mengajarkan banyak hal, bagaimana menjadi ayah yang baik untuk anak yang berbeda, menjadi istri yang baik semacam Andini dan Ibu Ronggur yang menerima suaminya dengan apa adanya, serta bagaimana peran-peran perkawanan model yang diberikan Tomy dan Togar kepada Ronggur adalah satu jalan untuk menjadi orang yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan Ayah Ronggur.

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: