PFK Jatim 2016, Jalan lain mencintai ciptaanNya

Hari ini resmi bertugas menjadi pendamping Kabupaten Lamongan untuk Program Jalin Matra PFK 2016 (Jalan lain menuju mandiri dan sejahtera, Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan 2016) sesuai surat tugasnya sih memang tanggal 10 maret yang akan berlangsung sampai 9 bulan kedepan.

IMG-20160307-WA0001

Pembekalan Jalin Matra PFK 2016

Pekerjaan pendamping aslinya bukanlah hal yang utama, karena secara keseluruhan pendamping punya pekerjaan tetap dan mendampingi adalah hoby dan juga banyak yang mencari ridho Allah SWT dikarenakan Jalin Matra PFK ini adalah kegiatan yang diperuntukan untuk pendampingan janda-janda dan sesuai dengan hadist Shahid Bukhori Muslim yang dibacakan Kabid Ekonomi Bapemas Jatim Pak Yasin ketika pembekalan pada tanggal 5-7 maret kemarin :

Dari Abu Hurairah, berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السَّاعِي عَلَى اْلأَرْمَلَةِ وَالْمَسَاكِيْنِ، كَالْمُجَاهِدِ فِي سَبِيْلِ اللهِ، وَكَالَّذِي يَصُوْمُ النَّهَارَ وَيَقُوْمُ اللَّيْلَ
Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Dia juga laksana orang yang berpuasa di siang hari dan menegakkan shalat di malam hari.”(HR. Bukhari no. 5353 dan Muslim no. 2982)

Secara sekilas mungkin itupula yang membawa Pak Karwo mengadakan program ini di Jawa Timur, dimana program Jalin Kesra yang digagasnya pun berdasarkan renungan panjang hasil diskusinya dengan dua orang petani miskin di Jawa Timur, setelah rentang beberapa tahun berjalan akhirnya berpindah ke Jalin Matra yang khusus mengurusi para janda.

Tingkat pertumbuhan janda memang sangat besar di Jawa Timur dan Jawa Tengah, berita jawa pos kemarin cukup mencengangkan bahwa di Kabupaten Tuban dalam setiap harinya 6 Janda lahir entah dari suami yang kabur, meninggal ataupun menikah lagi dengan orang lain, memprihatinkan memang.

Hasil perbincangan saya dengan salah seorang pendamping hari ini pun memecut rasa kemanusiaan saya, seorang pendamping dari Lumajang namanya Mbak Rika sarjana Teknologi Pertanian dari Unej yang belum wisuda ini hanya mengatakan begini ” Aku walaupun masih belum punya kerjaan, pendampingan ini mah jalanku mencari cintanya Allah, masalah rizki sudahlah, Allah mah gak akan membiarkan orang yang Dia cintai kelaparan”

Sayapun akhirnya berpikir, ditengah kesulitan bangsa ini saya punya kerjaan lumayan enak di BUMN malah resign, dan ketika punya kerjaan enak itupun masih kurang untuk berjuang di Jalan Allah SWT, dan mungkin dengan menjadi pendamping ini yang diatas ingin saya melunasi banyak hutang saya dengan cara kerja dan digaji sekaligus.

Iklan


Kategori:PFK Jatim 2016

Tag:, , , , , ,

2 replies

  1. foto-foto dialog dengan KRTP nya mas, bisa di share…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: