47 Ronin, The Last Samurai versi Keanu Reeves

Keanu Reeves dan Tom Cruise adalah dua bintang film yang jadi idola saya, film Tom Cruise yang mengecewakan saya cuma ada satu film yaitu Oblivion film itu gak jelas maunya gimana dan arahnya gimana, tidak berbeda dengan si Tom, Keanu Reeves juga punya film gagal yaitu Exposed yang pernah saya ceritakan di blog ini (baca disini), tapi saya juga punya favorite dari keduanya dengan tema yang hampir sama yaitu kisah Samurai Jepang dan kalau gak salah semua film itu diambil dari kisah legenda di Jepang, yaitu Film The Last Samurai (Tom Cruise) dan 47 Ronin (Keanu Reeves).

47-ronin-poster-landscape-e1375901224908

Dalam film The Last Samurai menceritakan seorang Nathan Algren yang merupakan veteran perang ditugaskan untuk melatih tentara Jepang, yang ditangkap oleh Katsumoto yang merupakan samurai Jepang dan masih memegang teguh nilai-nilai Bushido yang diwariskan oleh leluhur-leluhur jepang dan oleh karena itu membuatnya bertentangan dengan pemerintah, ketika ditahan di perkampungan Katsumoto itulah membuat Nathan Algren paham dengan filosofi samurai bahkan semakin jatuh cinta, yang membuatnya ikut bertarung bersama Samurai Jepang untuk melawan pemerintah dan kisah ini mungkin sudah banyak yang tahu karena film ini merupakan sangat populer hingga kini makanya tidak diceritakan secara rinci

Yang ingin dibahas adalah film yang lumayan cukup baru yaitu 47 Ronin, yang berkisah tentang 47 orang berjuang untuk menuntut balas atas kematian Tuan mereka (dalam Jepang dimasa itu seorang Samurai wajib membaktikan diri pada Tuannya, dan ketika Tuannya mati mereka disebut sebagai Ronin yaitu samurai yang tidak bertuan), Tuan Mereka Asano mati karena melakukan Seppuku yang diakibatkan perbuatan tak sengaja akibat ulah penyihir dari orang yang menginginkan kekuasaannya. Keanu Reeves disini berperan sebagai Kai, anak berdarah campuran yang dibesarkan oleh Tuan Asano, ikut menuntut balas karena sangat disayangi oleh tuannya.

The Last Samurai dan 47 Ronin adalah kisah yang mirip dalam filosofi yang ingin dibawa, yaitu tentang jalan kehormatan yang tidak takut akan kematian demi mempertahankan kebenaran yang mereka pilih, dua film ini juga menggambarkan keseluruhan filosofi hidup jepang sehingga bisa seperti saat ini, sebuah negara maju yang merupakan macan asia dengan kemajuan bidang teknologinya. Dengan filosofi seperti itu wajarlah mereka mampu bertahan dan menjadi pemain penting di dunia global.

Prinsip Bushido sendiri adalah suatu jalan hidup yang diambil atau menjadi prinsip-prinsip dalam hidup seorang samurai pada masa japan kuno. Semangat ini bertujuan untuk melakukan sesuatu yang terbaik yang mempunyai 7 prinsip dasar yaitu GI (pengambilan keputusan berdasarkan kebenaran), YU (kebenaran dan kesatria), JIN (murah hati dan mencintai sesama), RE (santun dan bertindak benar), MAKOTO (bersikap tulus tanpa pamrih), MEIYO (menjaga kehormatan), CHUGO (loyal). Ketujuh prinsip itulah yang dipegang teguh sampai 47 Ronin tersebut ketika setelah membalaskan dendam mereka, memilih mati untuk menjaga keseimbangan alam karena mereka berprinsip bahwa apa yang mereka lakukan memang benar akan tetapi akan menimbulkan konsekuensi apabila mereka tidak dihukum, keseimbangan hidup akan terganggu.

Film Keanu Reeves ini bagi saya setelah Constantine dan Speed mungkin inilah yang terbaik karena sesuai sekali dengan karakter dan tampang yang dibawanya. apalagi kisah mengharu biru percintaannya dengan Mika putri Asano, akan semakin membawa kita bagaimana cinta abadi itu ada.

Dunia hanyalah persiapan untuk kehidupan selanjutnya, yang bisa kita harapkan bahwa kita hidup, saling mencintai, dan dicintai……

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: