Trumbo, Perlawanan melalui karya

Dalton Trumbo adalah salah seorang penulis naskah film ternama didunia, beberapa kali karya memenangi Piala Oscar, salah satu penghargaan tertinggi di dunia perfilman itulah mengapa film ini menjadi menarik karena menceritakan detail kisah perjalanannya yang kuat melewati dalam semua tantangan yang dihadapi.

Trumbo

Dalam rentang tahun 1940- 1950an, di amerika mempunyai beberapa warganya yang menganut paham komunisme, dan hal itu juga yang menjadi salah satu target dewan kongres amerika termasuk Presiden Ronald Reagen itu sendiri dan Trumbo adalah salah satu orang yang berpaham komunis tersebut.

Dilain sisi, Trumbo adalah penulis naskah film yang selalu menarik perhatian penonton karena karya yang dibuatnya bagus-bagus, akan tetapi concern dewan kongres amerika tersebut akhirnya memaksa Trumbo agar tidak terpakai oleh perusahaan film-film ternama dan hal tersebut membuatnya melakukan perlawanan karena menurutnya pemahaman ideologi dan pekerjaan tidak sama, hal itu dibuktikannya ketika melawan kongres dengan membawa semua naskah filmnya yang tidak ada satupun yang mencoba menyebarkan paham komunis ke rakyat amerika. tapi di tolak dan akhirnya Trumbo di penjara.

Sekeluarnya dari penjara di tahun 1951, Trumbo mengalami banyak masalah, rumahnya diambil alih oleh bank dan berbekal satu naskahnya yang diterima oleh salah satu perusahaan film akhirnya mereka pindah ke rumah yang lebih sederhana, naskahnya pun tidak diakui sebagai haknya akan tetapi oleh pemilik perusahaan. Begitu terus sampai ada pembuat film Spartacus mengumumkan namanya sebagai penulis naskah di awal film.

***

Amerika sebagai salah satu demokrasi terbesar di dunia secara tidak langsung juga pernah mengalami masa-masa suram untuk kehidupan berdemokrasi termasuk menyikapi masalah komunisme, walaupun tidak separah apa yang dialami oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia, disini penganut komunis diganyang sampai mati bahkan selama puluhan tahun tidak memperoleh hak-haknya sebagai warga negara.

Kisah Trumbo di amerika ternyata sejalan dengan kisah PKI yang menguasai Indonesia, tahun kejadiannya pun hampir sama dan semua negara perlakuannya sama, menolak dengan tegas bahkan di Indonesia ada yang dibunuh dan jasadnya hilang entah dikebumikan dimana. di Amerika memang dikucilkan tapi personnya saja, anak-anaknya tidak mendapatkan perlakuan sosial yang sama dengan ayahnya. sehingga itulah keluarga Trumbo masih bisa hidup dengan damai.

Trumbo melakukan perlawanan pun setelah dipenjara dia tidak melakukannya secara frontal, akan tetapi karya-karyanya yang menggunakan nama-nama rekaan menjadi laris dipasaran dan kehidupannya pun masih bisa hidup berkecukupan. akan tetapi dengan bantuan anaknya un Trumbo akhirnya sadar bahwa bersembunyi tidaklah baik, semakin bagus karyanya dan perusahaan perfilman ternama yang hilir mudik dirumahnya akan lama-kelamaan membongkarnya, sehingga sebelum dibongkar oleh orang lain harus dikatakan sendiri lewat media.

Perlawanannya pun semakin gencar, pengakuannya dimedia membuat beberapa pihak yang gencar melawan komunisme seperti majalan time akhirnya takluk dan diam apalagi pada saat premier film sang Presiden JFK menonton langsung dan mengapresiasi.

Perlawanan tidaklah selalu dengan konfrontasi…

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: