Sheila on 7, kecerdasan, morality dan kesuksesan

Melihat video konser Sheila on 7 di GWK pada Soundrenalin 2015 di youtube (bisa dilihat disini) membuat terkenang memori 16 tahun silam, ketika kami satu kelas ramai-ramai kabur kerumah teman hanya karena mendengar dia punya video album Sheila on 7, kala itu saya belum tahu tentang musik pop apalagi tentang band ini, maklumlah berada di desa yang jauh dari keramaian membuat kami hanya terbiasa dengan lagu dangdut dan sejenisnya.

sheilaon7sheilaon72011

Ketika vcd diputar ( dvd belum ada saat itu) yang terlihat adalah ketika Eros memainkan musik sahabat sejati, video klipnya saat itu banyak orang-orang yang teriak memanggil nama mereka, “Duta……, Eros…..” dan kebanyakan perempuan remaja langsung saya takjub banget lihat band satu ini. apalagi setelah lagu itu nadanya langsung manis,

Tak semestinya kita berpisah,

Tak semestinya kita bertengkar,

Karena diriku masih butuh, Kau..

Sontak nada ditelinga langsung menyentak merasa asyik sekali lagu ini, dan untuk saat itu saya untuk pertama kalinya merasa beruntung bolos untuk ini, apalagi dilanjutkan dengan lagu berikutnya mulai dari Sephia sampai Selamat Tidur aku lihat dengan serius sampai habis (setelah dewasa aku baru sadar kalau cd itu adalah cd bajakan), setelah itu saya masih sering bolos kerumah teman hanya untuk mendengarkan lagu mereka, setelah lama saya akhirnya mengenal musik.

Lulus SMP saya pindah ke Kendari, disinilah pengetahuan musik bertambah dengan didukung beberapa saudara saya juga ikut main di band mereka, disinilah saya menggali pengetahuan lebih dalam tentang Band So7 ini mulai dari para personelnya, album mereka sampai sejarah terbentuknya band yang berasal dari teman mereka yang bernama Sheila ini, begitu terus sampai sekarang ketika dewasa dan berumur 30 tahun pun saya sangat mencintai band ini.

***

Bagi saya Sheila on 7 adalah band yang sangat cerdas dalam bermusik, apalagi pilihan-pilihan nada yang mereka buat dalam setiap lagu-lagunya, itulah kenapa mereka bertahan lama lama ditengah desakan band dan lagu alay yang tenar sebentar kemudian redup ditelan bumi. bahkan ketika band sepantaran mereka yang tumbuh bareng seperti Jamrud, Padi, Dewa mulai hilang ditelan waktu saat ini, mereka masih berjaya dan lagu-lagu mereka sangat ditunggu walaupun tanpa drama selebritis yang berbuat sensasi sekaligus promo, mereka jauh dari itu, berkarya dengan cerdas adalah kuncinya menurut saya karena bisa kita lihat beberapa artis, atlet atau pekerja seni yang mewarnai zaman dengan mindset ilmu/kecerdasan itulah yang membuat mereka bertahan lama, dan Sheila on 7 adalah salah satunya, siapa yang tidak kenal Eros yang karena skill mumpuninya membuat salah satu produsen gitar memberikan signature sendiri, dan atau lihat Duta yang punya suara khas dan hampir tidak bisa ditirukan oleh siapa saja.

Begitu pula dengan morality mereka, hampir tidak ada kasus negatif yang menimpa band ini kalaupun ada mungkin pada saat perseteruan keluarnya Anton yang dipecat karena indispliner, selebihnya tidak ada yang negatif atau yang bombastis mungkin ketika konser mereka kelebihan penonton dan ada yang meninggal sampai mereka buatkan nama album “07 Desember”, inilah sisi baik mereka yang jauh dari kerumunan media gosip selain kesuksesan mereka dan bisa dibilang sampai saat ini mungkin hanya mereka yang selalu datang ke kota yang merasakan aniversary berdirinya Klub penggemar yang bernama Sheila Gank dan disetiap selesai konser mungkin hanya mereka yang band yang masih mau nongkrong sama fans-fansnya, foto dan makan bareng. Tidak ada kasus dikeluarga mereka semuanya adalah sosok Good Papa, mereka tidak butuh sensasi untuk mentenarkan musik mereka karena nada-nada musik sheila yang mereka dengungkan sudah mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemar musik.

Mungkin banyak yang mengira mereka telah mati dan tenggelam dengan musik-musik alay yang beredar saat ini, tapi setelah 3 tahun tidak mengeluarkan album nada-nada sheila yang asyik itu langsung memakan korbannya, mereka kembali dengan perkasa dengan album “Musim yang Baik”, orang-orang kembali nostalgia dengan lagu-lagunya, dengan lagu dan musik yang lebih dewasa dengan umur mereka juga yang sudah antas dipanggil om oleh generasi remaja saat ini. apapun itu mereka tetaplah mempesona.

Ketika mantan manager SO7 si Papa Ton berkomentar ketika ditanya pada artikel ini apa rahasia kesuksesan dari band yang sejak lahirnya saja sudah fenomenal dia hanya berkata ” Sebenarnya tidak ada atau tidak pernah dibuat formula khusus untuk itu. Mungkin yang lebih pantas menjawab pertanyaan ini adalah fans serta pengamat musik. Bagi saya, mereka lebih jujur dan lebih paham ” . Kalau saya pribadi sebagai penikmat musik mereka ketika ditanya hal tersebut mungkin akan bilang ” Ketika mereka awal muncul yang dinilai adalah kecerdasan bermusiknya, tapi yang membuat mereka bisa bertahan lama adalah morality personelnya

Sukses terus Sheila on 7, teruslah berkarya. Salam dari fansmu yang akan selalu menyanjungmu walau belum sempat melihat satupun konsermu.

Iklan


Kategori:musik

Tag:, , , , , , , , , , , ,

4 replies

  1. Sheila On 7 sebuah grop musik bagus dengan lagu-lagunya yang enak di dengar.

    Suka

  2. Ah, baca postingan ini saya rindu ngonser so7 lagi sampai pulang pagi cuma pengen nonton performance mereka. Sheila On 7 tetap jadi band yang menginspirasi saya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: