MC Farland dan Spare Parts, Film yang Mengajarkan kita tentang kerja keras

Saya adalah pecinta film tentang keluarga, sport dan biografi dimana banyak mengajarkan kita tentang hal-hal dalam hidup, film sport misalnya banyak film yang beredar menceritakan tentang bagaimana sebuah kerja keras dapat merubah sebuah hasil pertandingan atau biografi orang-orang sukses yang hampir semuanya berasal dari cerita orang biasa yang menggapai kesuksesan karena punya kepintaran dan kerja keras, sebutlah film Jobs atau The social network atau yang terbaru yang dibintangi oleh Will Smith, Concussion semuanya adalah hasil kerja keras. dan diantara banyak film biografi yang saya tonton film MC Farland dan Spare Part adalah kemiripan kisah kesuksesan sebuah tim dari daerah bronx di Amerika.

McFarland-USA-banner

Film Mc Farland

Film ini berasal dari kisah nyata dari sebuah kota yang bernama Mc Farland, yaitu sebuah kota pertanian di California yang didiami oleh para keturunan campuran amerika dan latino, merupakan salah satu daerah termiskin di amerika.

Jim White pada awalnya adalah seorang pelatih footbal yang karena tempramennya bertengkar dengan dewan sekolah, menegur pemainnya sampai terluka akhirnya dia dipecat. dan hanya SMA Mc Farland yang mau menerimanya, disekolah itupun dia bertengkar dengan pelatih footbal karena berbeda pendapat dilapangan. sementara harapannya agar bisa pindah ke SMA lain adalah dengan harus membuat klub olahraganya menang dan dia ditawarkan pindah di sekolah yang lebih bergengsi. akhirnya karena melihat kecepatan Thomas Vellas dan Diaz bersaudara dia memutuskan untuk membentuk Tim Lari Lintas alam yang sebelumnya belum pernah ada di sekolah itu.

Mulailah dia melatih dengan berbagai halangan dan rintangan, mulai masalah keluarga Thomas Vellas, harus ikut berkebun dengan keluarga Diaz untuk menarik simpati orang tua mereka dan mengizinkan Diaz bersaudara berlatih tanpa menganggu jam memetik sayur dan buah mereka, sampai kesibukannya itupun dia harus lupa membelikan kue ulang tahun anaknya yang ke-15.

Karena ketekunan dan keuletannya mereka pun akhirnya sekolah Mc farland mulai diperhitungkan oleh tim lari lintas alam yang lain, walaupun kalah di pertandingan pertama mereka akhirnya bisa menang berturut-turut dalam duel melawan sekolah lain.

aaSPARE 3 7f0cc3e60d9fc3e8d87818e70f48f5ed_l

Film Spare Parts

Film ini juga merupakan film yang diambil dari kisah nyata sebuah tim di Phoenix amerika, yang merupakan daerah dengan banyak imigran meksiko yang ilegal, hal itu dimulai dengan perjalanan seorang Fredy cameron seorang ahli teknik yang sangat berbakat tapi dipecat oleh beberapa perusahaan, sehingga dia harus menerima tawaran untuk menjadi guru di Phoenix, kondisinya hampir sama dengan posisi Jim White ketika masuk sekolah Mc Farland, hanya mencari batu loncatan untuk pindah ke tempat lain yang lebih bergengsi.

Akhirnya ada seorang anak bernama Oscar Vasquez yang berminat untuk mengikuti kompetisi robot karena tidak diterima menjadi tentara yang disebabkan dia tidak mempunyai akte kelahiran dan termasuk dalam imigran gelap. Dan dia berharap dengan memenangkan kontes robot akan membawanya ke beasiswa perguruan tinggi dan untuk itulah dengan pengalaman seorang Fredy cameron yang seorang Insinyur membuatnya dianggap cocok untuk membimbing mereka.

Yang dalam knyataannya pun susah, biaya untuk membuat robot yang bisa menyelam dan tahan lama di dalam air ternyata sangat mahal sehingga mereka mensubtitusi semua bahan yang dibutuhkan dengan bahan-bahan lain yang lebih murah dan hasilnya bisa ditebak mereka bisa masuk dalam perlombaan tersebut.

Pelajaran yang bisa diambil

Dua film itu adalah kisah anak-anak dan pembimbingnya yang luar biasa, dalam kondisi sulit mereka mampu bangkit dan menjadi pemenang. satu hal yang saya pelajari pada dua film itu, yaitu kemauan mereka untuk mau masuk kedalam pribadi anak didik yang dibimbingnya, bisa dilihat pada ketika adegan seorang Jim White harus ikut bertani dengan keluarga diaz yang dimana harus menunduk selama berjam-jam dan ikut makan bersama keluarga diaz yang ternyata makannya orang spanyol itu banyak sekali, porsi kuli di Indonesia itu jauh lebih bumbung dari itu.

Atau bagaimana ketika seorang Fredy Cameron mencoba membujuk ayah dari Lorenzo yang mengatakan bahwa lorenzo tidak bersalah karena yang bandel adalah adiknya dan harus menerima kenyataan dia ternyata harus diusir oleh ayah Lorenzo, sangat dalam dua tokoh ini menyelami fungsi mereka yang tidak hanya sebagai seorang pelatih/pembimbing tapi sebagai tempat cerita dan mencoba menyelesaikan masalah apa yang dialami anak bimbingnya. hasilnya memang magis, Jim White memenangkan 14 lomba berturut-turut selama 14 tahun dan seorang Fredy Cameron dapat membuat sekolah miskin di Phoenix menjadi diperhitungkan dalam perlombaan robot di Amerika.

Dan hal yang perlu diperhitungkan bahwa di setiap daerah, seterbelakang apapun mereka pasti punya bakat-bakat yang bila diarahkan dan dikembangkan akan menjadi sangat luar biasa, dilihat dari dua daerah termiskin di amerika itu, mereka mampu menguasai level teratas sebuah perlombaan dan pemerintahnya pun sangat support dengan hal-hal yang seperti itu dan sekolahnya pun juga begitu walaupun dengan dana terbatas mereka mencoba terus menjadi yang terbaik diberbagai bidang, dan iklim kompetisinya di amerika sangat bagus sekali, hampir seluruh bidang.

Iklan


Kategori:film

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: