Pawn Sacrifice dan A Beatiful Mind, sebuah anomali kejeniusan

Sambil nunggu 15 Januari, malam ini saya coba ngelihat satu film yang pada awalnya saya gak merhatiin, sebagai penyuka film biografi terus terang film ini sudah sering muncul di list berbagi situs ketika saya mencoba mencari film tentang biografi, tapi gak tau belum tertarik sampai malam ini, Pawn Sacrifice judulnya, ternyata kisahnya betul-betul menggila.

pawn-sacrifice_banner

sumber :google images

Kisah film ini tentang seorang Bobby Fischer, seorang grandmaster catur dunia yang berasal dari Amerika dan peran ini dipercayakan kepada sang spiderman Tobey Maguire. Bobby adalah seorang anak amerika yang berasal dari Brokliyn, seorang yang miskin dan mempunyai ibu yang doyan pesta, intinya keluarga yang broken home.

Suatu malam ketika dia ditinggalkan ibunya berpesta dengan teman-temannya dirumahnya, Si Bobby kecil terpesona pada bidak catur yang berada diruangannya. dan sejak saat itu dia tergila-gila pada catur dan mulai mengalahkan orang-orang disekitarnya. pengaruh psikologi yang berbeda atau mungkin karena kecerdasannya yang luar biasa menjadikannya sangat membenci kalah dan seri setiap bermain catur. dan hasilnya dia selalu menang.

Khawatir akan kondisi psikologisnya yang seperti itu membuat ibunya membawanya kepada grandmaster catur di daerah tersebut, dengan harapan apabila dia kalah maka akan berhenti bermain catur, memang dia kalah pada saat itu tapi hal itu semakin membawanya pada minat catur yang membawanya menjadi grandmaster catur termuda sepanjang sejarah amerika, sangat muda di usia yang 12 tahun.

Kemenangan demi kemenangan membuatnya mulai mengalami sebuah krisis identitas, emosinya yang labil dan semua harus berjalan sesuai kemauannya. dan dia mulai meracau tentang dirinya yang diawasi oleh soviet, KGB, CIA dan apa segalanya dan membuatnya paranoid berlebihan, menjadi sensitif pada setiap bunyi apapun. yang walaupun seperti itu dia akhirnya berhasil memenangkan kejuaraan catur dunia di Eslandia mengalahkan Boris Spasky yang ternyata membuat mereka menjadi sahabat baik sampai tua.

Kisah film ini sebenarnya mengandung pesan mendalam bahwa kejeniusan masing-masing orang akan membawanya pada hal-hal yang tidak mungkin terjadi pada manusia yang biasa-biasa saja, saya jadi teringat dengan film A Beatiful Mind, yang menceritakan sejarah hidup penerima nobel seorang John Nash, seorang matematikawan yang menerima nobel ekonomi.

Bagi saya ini adalah sebuah anomali dari sebuah kecerdasan itu sendiri, yang terjadi pada Bobby Fischer dan John Nash misalnya, ketika Bobby Fisher misalnya ketika tua yang ditangkap karena melanggar hukum federal amerika misalnya berkata ” Bagi saya hidup adalah pencarian kebenaran dan Catur adalah caraku menemukan kebenaran itu sendiri”. Mungkin hal ini setali tiga uang dengan apa yang terjadi pada John Nash, bahwa Skizofrenia yang dideritanya adalah satu bentuk pencariannya dalam menemukan kebenaran melalui matematika, sehingga halusinasi membawa mereka pada hal-hal membuat mereka terpuruk, walaupun John Nash dan Bobby Fischer mempunyai ending yang berbeda dalam kisah hidupnya. akan tetapi bagiku mereka adalah anomali-anomali dalam sebuah kecerdasan, yang sangat mungkin tidak akan kita temukan apabila kita berpikiran bahwa orang normal itu adalah orang yang biasa-biasa saja kayak kita-kita.

beautiful mind

Dan Anomali-anomali tersebut saya yakin banyak terjadi di sekeliling kita akan tetapi karena ketidaktahuan dan ketidakpahaman kita menjadikannya mereka adalah orang-orang yang aneh (weird people). dan pengaruh psikologis seperti itu ketika mereka kalah maka kecerdasan yang harus dikeluarkannya pun akan ikut menutup.

Adakah anomali-anomali tersebut ada disekitar kita, pekalah bahwa setiap kecerdasan butuh perlakuan khusus untuk menemukannya. karena seorang Prof. Yohanes Surya berkata bahwa ” Carikan aku 2 orang anak papua yang paling bodoh, saya akan bawa dan akan saya latih” hasilnya dua anak papua yang paling bodoh tersebut satunya meraih medali emas bidang matematika dan satunya mengikuti kontes robot.

Akankah kita jadi pengabai mereka? orang jenius yang tersembunyi disekitar kita dalam anomali-anomali yang tidak kita sadari.

Iklan


Kategori:film

Tag:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: