Bridge of Spies,Wajah Birokrasi dan Penegak Hukum

Kemarin akhirnya bisa nonton Film Bridge of Spies, seperti biasanya insomnia membuat saya mencari selingan untuk membuat mata terpejam dan seringnya memang dihabiskan dengan menonton film karena membaca buku lebih suka saya lakukan di pagi hari atau dari Ashar menunggu Maghrib.

os-bridge-of-spies-trailer-tom-hanks-20150616

sumber:google.images

Film Bridge of Spies sebenarnya saya hanya melihat posternya Tom Hanks saja, karena dari banyak film yang dimainkan oleh aktor ini hampir tidak ada yang jelek sehingga menjadi garansi untuk pecinta film ketika dia yang bermain maka otomatis filmnya pasti akan bagus.

Film ini berkisah tentang seorang mata-mata Uni Soviet bernama Abel (namanyanya panjang dan belibet jadi saya lupa) yang tertangkap oleh CIA, oleh dewan pengacara Amerika Serikat ditunjuklah seorang pengacara asuransi bernama Jim Donovan, yang pada awalnya menolak untuk membela mata-mata akan tetapi setelah diyakinkan perlunya sebuah legalitas bahwa seorang warga negara lain diadili dinegeri Amerika a diperlakukan secara adil maka harus dibela oleh pengacara terbaik pula.

Akhirnya setelah menerima, Jim Donovan bertemu dan berbicara langsung dengan Abel, setelah mereka berbincang dan mengutarakan pendapat masing-masing maka Abel bersedia untuk diwakili oleh seorang Jim Donovan.

Setelah mempelajari kasusnya didapatkan banyak bukti bahwa banyak tuduhan yang dilontarkan oleh CIA itu tidak benar, termasuk gelar perkara, Berita Acara Pemeriksaan dan bahkan surat penangkapannya pun tidak ada dan ketika hal tersebut diungkapkan dipengadilan, Hakim berpendapat bahwa Abel adalah orang asing sehingga tidak berhak disamakan haknya dengan warga negara Amerika itu sendiri.

Jim Donovan berpegang teguh pada Konstitusi Amerika yang didalamnya mengatur hak-hak warga negara lain yang berada diwilayah mereka akan tetapi sepertinya Hakim, Jaksa dan Juri berpendapat bahwa dia adalah orang asing dan bersalah. mereka menutup mata akan hal itu atau juga mungkin semuanya sudah disetting oleh CIA yang ingin menghukum mati Abel yang menjadi mata-mata di negara mereka.

Akan tetapi walaupun juri telah menyatakan bahwa Abel bersalah, sehari sebelum vonis, Jim Donovan berhasil meyakinkan Hakim bahwa apabila warga negara Amerika yang terkena hal seperti ini otomatis kita ingin mereka jangan dihukum mati, maka dia meminta Abel jangan dihukum mati akan tetapi cukup dihukum penjara saja.

Dan ketika penetapan vonis, hakim mempertimbangkan pendapat seorang Jim Donovan dan Abel hanya dihukum 30 tahun penjara yang ternyata menimbulkan polemik yang besar dipersidangan termasuk masyarakat amerika itu sendiri, Jim Donovan dicibir di kereta karena diketahui adalah pengacara mata-mata soviet, rumahnya diteror oleh orang asing, akan tetapi Jim Donovan tetap berpegang teguh terhadap apa yang dianggapnya benar. bahwa semua orang yang bersalah mempunyai hak untuk dibela dan mendapatkan hak-haknya yang dijamin oleh konstitusi.

Akan tetapi perkembangan kemudian ternyata ada pilot pesawat tempur Amerika yang tertangkap didaerah Uni Soviet dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan melalui kedutaan mereka yang berada di Jerman Timur mereka mengirim surat yang berisi kode kepada Abel melalui kantor pengacara Jim Donovan, dan setelah diusut dan diselidiki bersama CIA surat itu bertujuan untuk meminta pertukaran antara Pilot Amerika dengan mata-mata Soviet yang dalam hal ini adalah Abel itu sendiri.

Perjuangan panjang seorang Jim Donovan pun dilakukan, mulai dari berangkat ke Berlin yang pada saat itu sedang ramai pemisahan Jerman Barat dan Jerman Timur (tembok berlin baru dibangun saat itu) yang berujung pada keberhasilannya untuk menyelamatkan dua orang sekaligus warga negara amerika yang tertawan di Soviet dan oleh Jerman Timur, kelihaiannya untuk kukuh melobi membuahkan hasil.

Pelajaran yang dapat diambil

Bahwa setiap pengacara mempunyai hak-hak khusus dengan klien yang dibelanya, walaupun pengacara tersebut membela seorang penghianat bangsa sekalipun, hal ini terlihat ketika Jim Donovan didesak oleh seorang anggota CIA untuk membocorkan apa saja hasil pertemuan dan hasil pemeriksaan Jim kepada Abel hal itu tidaklah dilakukan oleh seorang Jim, dia teguh pada prinsip konstitusi dan hukum yang dia berada di dalamnya.

Sementara birokrasi adalah kumpulan orang-orang yang banyak mengambil keuntungan dari posisi mereka itu sendiri, terlihat jelas BAP  dan gelar perkaranya sangat tidak jelas dan Surat perintah penangkapan dengan alasan apapun yang dikeluarkan oleh lembaga hukum di negeri itupun tidak ada, tapi itu kadang diabaikan oleh birokrasi yang merasa menjadi pemilik dari hukum itu sendiri, segala macam cara pun dilakukan.

Film ini sangat jelas menggambarkan bagaimana pengacara yang bekerja bahwa ketika mereka mempunyai klien mereka akan mengusahakannya untuk tidak dihukum, kalaupun dihukum hanya dihukum ringan saja. untuk seorang mata-mata sekalipun. memang banyak yang melakukan segala macam cara untuk membebaskan kliennya, seperti banyak yang dilakukan oleh banyak pencara di negeri ini mulai dari menghilangkan barang bukti, menyuap hakim, menyuap jaksa sampai-sampai menyeting saksi palsu,

Tapi apakah ada yang membela kliennya sesuai dengan aturan konstitusi yang ada, banyak dan itu tidak pernah terekspos, pasti banyak Jim Donovan-Jim Donvan lain dibelahan bumi ini, jangan dengan perilaku beberapa orang kita langsung dapat menggenalisir bahwa semua pengacara tersebut.

Dan Soal pemerintah/birokrasi, ah sudahlah mereka memang selalu merasa paling benar.. di Amerika Serikat ataupun di Indonesia, sama saja.

Iklan


Kategori:film

Tag:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: