Komentarin Film Chezar Chavez

Setelah lama berkutat dengan film-film ringan tentang cinta-cinta semalam akhirnya saya mencoba melanjutkan nonton film ini, pernah nonton sih tapi saking beratnya makanya ketiduran.. hehehe… tapi semalam serius saya ingin melanjutkan ngelihat film ini.

BRAND_BIO_BSFC_153544_SF_2997_005_20131206_V1_HD_768x432-16x9

Ceritanya berasal dari seorang bernama Chezar Chavez, seorang pejuang buruh yang asli Filipina.. film ini berdasarkan atas kisah nyata dan memang banyak sekali potongan-potongan berita masa lalu yang ditayangkan dan semuanya berhubungan dengan yang berjalan dalam film tersebut.

Chezar Chavez mengumpulkan pekerja untuk bergabung dengan suatu komunitas yang bernama Filipino Community di daerah Delano Amerika Serikat, dan untuk masuk kedalam pekerja pun dia menjadi pekerja di kebun-kebun pertanian yang berada di daerah itu, saling mengenal sehingga mampu mengumpulkan mereka dan untuk meyakinkan posisi mereka maka Filipino Community membuka satuan kredit dan mulai banyak yang bergabung dan mulai memperjuangkan hak-hak mereka mulai upah yang layak, tempat buang air di lokasi pekerjaan

Kesulitan pun mulai dihadapi karena semua pengusaha pertanian yang ada di daerah tersebut bekerjasama dengan polisi-polisi dan dapat dibayar untuk membela hak pengusaha. keberuntungan tidak berpihak kepada mereka dan strategi mogok pun selalu tembus dapat diatasi oleh semua pengusaha yang ada.

Akhirnya mereka pun mencoba strategi yang lebih terorganisir, yaitu dengan memboikot minum dan memakan anggur dan mulai dikampanyekan di seluruh Amerika, mereka pun berjalan kaki dari desa ke desa untuk mengkampanyekan hal tersebut dan mulai mendatangkan simpati publik yang besar, yang mereka yakini cuma satu bahwa “Rakyat Amerika tidak menyetujui ketidakadilan” sehingga semakin masif isu tentang pemboikotan tentang anggur semakin tersudut pula para pengusaha, apalagi ketika kunjungan Senator Robert Kennedy yang berpihak pada hak-hak buruh. mereka semakin diatas angin sehingga bertahun-tahun usaha ini dilakukan dan mulai membuat stres pengusaha dan para pengusaha mulai berpikir untuk melakukan negoisasi.

Suatu Hari seorang pengendara menabrak seorang anggota komunitas dan penabraknya di pukuli oleh para buruh yang berada disitu, betapa marahnya Chezar Chavez, dia berprinsip kita boleh demonstrasi menyuarakan pendapat tapi tidak boleh melakukan kekerasan. dan saking marahnya di perkumpulan komunitas Chezar Chavez menyampaikan akan berhenti makan apapun sampai semua anggota komunitas sadar untuk menyuarakan sesuatu harus tanpa kekerasan dan disinilah dahsyatnya Chezar Chavez, dia mampu berpuasa berhari-hari tanpa makan (tapi minum air) selama 25 Hari, yang akhirnya membuat semua anggota komunitasnya menandatangani petisi tidak akan melakukan kekerasa, hal ini pula mengundang Seorang Robert Kennedy datang untuk memintanya makan dan tepat di hari ke -25 Chezar Chavez makan dan dipuji habis-habisan oleh seorang Kennedy. perjuangan mereka sudah akan berhasil dan pengusaha pun akhirnya mulai ingin melunak dan menyetujui semua tuntutan yang dilayangkan ke mereka hingga akhirnya berita buruk terjadi, Robert Kenedy dibunuh dan digantikan oleh Nixon yang ternyata mendukung pengusaha perkebunan ini dan melihat aksi boikot semakin masif maka oleh Nixon anggur mereka dijual ke eropa

Disinilah hebatnya, Chezar Chavez datang ke eropa dan berkampanye di radio-radio yang mendukung perjuangan mereka dan akhirnya kontainer yang berada di pelabuhan pun tidak berani dibongkar oleh para pekerja.. done !! pekerjaan mereka tuntas dan didukung oleh seluruh dunia dan sekembalinya ke Amerika semua pengusaha anggur bersedia untuk memenuhi semua tuntutan mereka

Luar biasa sekali, selama 5 Tahun berkat mereka seluruh warga Amerika tidak membeli anggur dan tidak meminum anggur, perjuangan mereka pun bagi saya adalah perjuang terbaik yang pernah saya saksikan tentang bagaimana mengorganisir buruh.

Dan Indonesia? kapan kita bisa bangkit melawan dan dapat masif menyebarkannya ke seluruh dunia.

Iklan


Kategori:film

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: